Selasa 12 Jun 2018 17:58 WIB

Antisipasi Lebaran, PMI DIY Siapkan Puluhan Pos Pertolongan

Kerja sama telah pula dijalin PMI DIY dengan instansi-instansi terkait.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Layanan medis PMI.
Foto: Antara.
Layanan medis PMI.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Palang Merah Indonesia (PMI) DIY menyiapkan 25 pos pelayanan pertama, 26 ambulans dan 691 personel jelang libur Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah. Ketua PMI DIY, GBPH Prabukusumo, mengatakan personel yang disiagakan termasuk dokter dan paramedis.

"Seluruh personel akan bertugas mulai H-7 hingga H+7 di pos pelayanan pertolongan pertama dan ambulans PMI yang berlokasi di tempat-tempat keramaian, wisata, jalur-jalur masuk DIY, terminal, stasiun, dan seluruh markas PMI," kata Prabukusumo.

Untuk memudahkan masyarakat mengakses pelayanan PMI, personel PMI dengan ambulans akan berkeliling ke lokasi-lokasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Mulai pantai-pantai Gunungkidul, Bantul, Sleman, Kulonprogo, Kota, serta Gerebeg Syawal Keraton Yogyakarta.

Selain itu, pemudik yang memerlukan informasi terkait pertolongan pertama jika mengalami kedaruratan, dapat membuka dan mengunduh aplikasi pertolongan pertama first air di Playstore. Stok darah bisa diakses melalui ayodonor.pmi.or.id atau Twitter @pmi_diy.

Demi memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, PMI DIY turut membentuk posko-posko bersama di titik-titik strategis di DIY. Gusti Prabu menerangkan, kerja sama telah pula dijalin PMI DIY dengan instansi-instansi terkait.

"Dengan Polda DIY, Pores, Polsek, Kwarda DIY, Kwarcab, RAPI, Orari, Basarnas, Poltekes Kemenkes, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, BBTKLPP, rumah sakit, puskesmas, dan lain-lain," ujar Gusti Prabu.

Wakil Ketua Bidang Pelayanan Unit Donor Darah PMI DIY, Suryanto, mengatakan selama libur Lebaran PMI juga tetap melayani pelayanan darah 24 jam. Untuk pengambilan dan pelayanan donor darah mulai 08.00-20.00 WIB di lima unit donor darah (kabupaten/kota) DIY.

"Pada pertengahan Ramadhan ada beberapa unit donor darah yang menipis ketersediaan stok darahnya, hal ini perlu mendapat perhatian saat Lebaran nanti," kata Suryanto.

Walau permintaan pelayanan darah tetap, biasanya pendonor darah menurun karena kesibukan perayaa Idul Fitri atau tidak memenuhi syarat donor karena kelelahan dan sebagainya. Maka itu, ia tetap berharap masyarakat menyempatkan donor darah di sela-sela libur.

"Apalagi yang sudah yang sudah mendapatkan SMS cinta dari PMI, sehingga masyarakat yang membutuhkan tetap dapat dilayani dengan baik," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement