Selasa 12 Jun 2018 16:06 WIB

Amien Berniat Nyapres, Puan: Sudah Cukup Persyaratannya?

Pencalonan presiden hak setiap warga negara, tetapi terikat dengan ambang batas.

Rep: Dian Fath Risalah / Red: Ratna Puspita
Puan Maharani
Foto: RepublikaTV/Havid Al Vizki
Puan Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus PDI Perjuangan Puan Maharani angkat bicara terkait pernyataan Amien Rais yang mengungkapkan keinginan maju sebagai calon presiden (capres) pada pemilihan presiden (pilpres) 2019. Puan mengatakan, pencalonan presiden merupakan hak setiap warga negara, tetapi tetap terikat dengan ambang batas atau presidential threshold.

Karena itu, Puan mengatakan, Amien boleh saja mencalonkan sebagai capres asalkan memenuhi persyaratan pencalonannya. Lalu, Puan pun mempertanyakan, apakah Amien sudah mengantongi persyaratan untuk maju sebagai capres pada pilpres tahun depan. 

“Sekarang sudah cukup belum persyaratannya, apakah sudah memenuhi persyaratan yang ada sesuai konstitusi," ujar perempuan yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ini di Jakarta, Selasa (12/6).

Sebelumnya, Amien mengaku masih layak diusung menjadi capres dari partainya. Amien menyadari dirinya tidak muda lagi, tetapi kemenangan Mahathir Mohamad di Malaysia memberikan inspirasi. 

Mahathir menang pada pemilu Malaysia saat berusia 92 tahun, mengalahkan pejawat Najib Razak. Peristiwa di Malaysia, menurut mantan ketua MPR ini, bisa saja terjadi di Indonesia. 

"Kalau Mbah Amien Rais ini walaupun tua ya tidak apa-apa. Begitu Mahathir jadi (perdana menteri), saya jadi remaja lagi sekarang kan ya? Jadi, saya berterima kasih ke Pak Mahathir," kata Amien di Jakarta, Sabtu (9/6).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement