Rabu 06 Jun 2018 17:31 WIB

Sultan: Warga DIY Wajib Dukung Upaya Bumikan Pancasila

Bulan Pancasila yang berlangsung sampai 25 Agustus didesain sebagai peristiwa budaya.

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Yusuf Assidiq
Konferensi pers Pencanangan Bulan Pancasila di Yogyakarta.
Foto: Neni Ridarineni.
Konferensi pers Pencanangan Bulan Pancasila di Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Nilai-nilai Pancasila harus diejawantahkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti ditegaskan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, segenap eleman bangsa, termasuk warga DIY, wajib mendukung upaya membumikan Pancasila.

"Warga Yogyakarta tidak boleh mendua. Kita wajib mendukung dallam upaya membumikan Pancasila," kata Sri Sultan Hamengku Buwono X, dalam jumpa pers Kegiatan Bulan Pancasila, di Gedhong Pracimosono Kepatihan Yogyakarta, Rabu (6/6).

Menurut Sultan, dalam membumikan Pancasila hendaknya dikemas dalam bentuk 'dari kita untuk kita'. Terkait hal tersebut, Pemda DIY bakal menggelar berbagai kegiatan dalam program bertajuk 'Bulan Pancasila, Kita Pancasila' yang berlangsung 1 Juni-25 Agustus 2018.

Sultan mengatakan, pejabat dan rakyat harus bersama-sama berdialog serta bersilaturahim dallam upaya menjunjung identitas bangsa menjadi budaya dan kekuatan bangsa. "Pejabat dan rakyat bisa bersama berdialog bersilaturahmi berbagai rasa dalam upaya bagaimana identitas bangsa jadi budaya kekuatan."

Dijelaskan, proses ini terjadi apabila semua elemen mencoba menerima dan memahami dengan rasa. "Kalau dengan pikiran bisa bohong sedangkan rasa tidak bisa bohong," kata Raja Keraton Yogyakarta ini.

Lebih lanjut Sultan mengatakan Bulan Pancasila yang berlangsung sampai 25 Agustus didesain sebagai peristiwa budaya. Diharapkan kegiatan ini mendapat partisipasi yang menghadirkan masyarakat untuk berdialog. "Kita satukan pejabat dan masyarakat untuk mendukung ideologi negara," ujarnya.

Sementara itu, anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Buya Ahmad Syafii Maarif, mengatakan persoalan yang dihadapi bangsa selama ini karena pasal 33 UUD 45 dan sila kelima Pancasila belum dilaksanakan. "Untuk membumikan Pancasila harus diimplementasikan oleh berbagai kalangan dan tidak mungkin hanya kalangan elit saja."

Rangkaian kegiatan Bulan Pancasila melibatkan berbagai elemen masyarakat yang memiliki kepedulian yang sama. Seperti Pusat Studi Pancasila UGM, Karang Taruna DIY, PKK DIY, PWI DIT, P3I DIY, Kadin DIY, Galang Pres, APTISI SIY, Sekber Keistimewaan, pemkab dan pemkot se DIY, serta dinas terkait.

Kegiatan ini mendapat dukungan dan pembiayaan dari PT Astra International Tbk. Kegiatannya antara lain upacara Hari Lagir Pancasila 1 Juni, bersih-bersih Masjid Pathok Negoro, pemilihan figur inspiratif Kita Pancasila, malam puncak Anugerah Kita Pancasila, dan aneka lomba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement