Kamis 31 May 2018 00:27 WIB

PKPI Targetkan Suara Pemilih Muda di Pemilu 2019

Sebanyak 51 persen dari total pemilih nasional adalah pemilih muda.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andri Saubani
Ketua Dewan Pembina PKPI Try Sutrisno menghadiri pelantikan Dewan Pimpinan Nasional (DPN) di Gedung Sekar Wijayakusuma, Cipayung, Jakarta, Rabu (30/5).
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Ketua Dewan Pembina PKPI Try Sutrisno menghadiri pelantikan Dewan Pimpinan Nasional (DPN) di Gedung Sekar Wijayakusuma, Cipayung, Jakarta, Rabu (30/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah partai, termasuk Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), tengah berupaya untuk menggaet suara dari para pemilih muda dalam Pemilu 2019 mendatang. Pasalnya, sebanyak 51 persen dari total pemilih nasional adalah pemilih muda dan pemula.

Untuk menarik suara para kaum milenial tersebut, Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono mengatakan akan berupaya mendekatkan diri dengan anak muda dengan membentuk sebuah departemen baru di dalam struktur organisasi partai mereka, yaitu Departemen E-Sport. Departemen E-Sport berada di bawah bidang olahraga.

"Untuk melayani jumlah pemuda yang meningkat, milenial sekarang juga menggandrungi e-sport ini. Maka, dibentuklah Departemen E-Sport yang diketuai oleh professional gamers tadi," kata Diaz setelah pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Nasional PKPI di Gedung Sekar Wijayakusuma, Cipayung, Rabu (30/5).

Diaz juga mengatakan, salah satu langkah mendekatkan PKPI dengan anak muda antara lain melalui perlombaan e-sport. "Kita akan lihat program apa yang akan nantinya dia buat untuk merangkul kaum milenial ini terutama para 43 juta gamers di Indonesia ini," ucapnya.

Tidak hanya itu, PKPI yang basis suaranya didominasi berasal dari para veteran tentara dan polisi menganggap merasa perlu melayani para veteran tentara dan Polri. Oleh karena itu, Diaz dalam menyusun struktur organisasi partai yang baru ia pimpin ini juga memasukkan satu bidang baru, yaitu Bidang Kesejahteraan Prajurit dan Veteran.

"Saya melihat tidak ada satu bidang yang fokus menggarap suara itu. Jadi, kita bentuk Bidang Kesejahteraan Prajurit dan Veteran dan diketuai oleh cucu dari Jenderal Sudirman," ujar Putra AM Hendropriyono tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement