Selasa 15 May 2018 18:07 WIB

300 Polisi Amankan 46 Lokasi Mandi Balimau Jelang Ramadhan

46 titik terdiri dari lokasi pemandian, objek wisata, dan lokasi keramaian lain.

  Warga Padang melakukan mandi balimau di sungai Batang Kuranji.  (Republika/Umi Nur Fadhilah)
Warga Padang melakukan mandi balimau di sungai Batang Kuranji. (Republika/Umi Nur Fadhilah)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Polresta Padang, Sumatra Barat, mengamankan 46 lokasi kegiatan balimau atau tradisi mandi menyucikan diri menjelang masuknya Ramadhan. Polisi akan menurunkan 300 personel polisi dari Polresta Padang.

"Ditambah personel gabungan dari TNI, BPBD, Basarnas, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan lainnya," kata Kapolresta Padang, AKBP Yulmar Try Himawan di Padang, Selasa (15/5).

Ia menjelaskan 46 titik tersebut terdiri dari lokasi pemandian, objek wisata, dan lokasi yang menjadi pusat keramaian di kota berpenduduk sekitar 900 ribu jiwa itu. Dia menyebutkan beberapa lokasi yang ramai dikunjungi seperti Lubuk Minturun, Kuranji, Pantai Padang, Pantai Air Manis, dan Lubuak Tampuruang.

"Kami akan menempatkan personel untuk mengamankan seluruh wilayah, selain itu juga ada petugas lalu lintas untuk mengatur arus lalu lintas," ujarnya.

Ia mengemukakan target yang ingin dicapai dalam pengamanan ini adalah agar pelaksanaan kegiatan berjalan lancar, aman, dan tertib. Kepolisian juga menginginkan tidak terjadi insiden seperti kecelakaan lalu lintas, dan orang tenggelam.

Selain itu, kepolisian juga akan menurunkan tim untuk melakukan patroli untuk meminimalkan terjadinya tindakan pidana seperti perampokan dan pencurian. "Kami mengimbau masyarakat menjalankan kegiatan balimau dengan tertib dan lancar," kata dia.

Dia mengatakan cara masyarakat turut menjaga kegiatan agar tertib dan lancar seperti apabila berkendara harus menggunakan helm. Selain itu, dia menyebutkan, tidak menggunakan telepon saat berkendara, dan pengendara sepeda motor tidak berboncengan lebih dari satu orang lainnya.

Rencananya pada Rabu (16/5), kepolisian akan menggelar Apel Pengamanan balimau yang digelar di Lapangan Mapolresta Padang. Kegiatan ini kemungkinan akan diikuti sekitar 500 personel gabungan dari kepolisian, TNI, Pemkot Padang, Basarnas dan organisasi kemasyarakatan.

Balimau merupakan kegiatan rutin dilakukan di Kota Padang setiap tahunnya. Kepolisian berupaya untuk fokus melakukan pengamanan di lokasi balimau pascaserangan bom di Mapolrestabes Surabaya.

"Kami tetap fokus agar kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tetap meningkatkan kewaspadaan mengantisipasi tindakan teror dengan menempatkan personel bersenjata di pos penjagaan Mapolresta Padang, selain itu petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat yang berkunjung," tambah dia. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement