Ahad 06 May 2018 00:48 WIB

Peserta Deklarasi #2019GantiPresiden Diimbau Bawa Kantong

Deklarasi Relawan Nasional #2019GantiPresiden bergerak di atas rel konstitusi.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Ratna Puspita
Neno Warisman
Foto: ROL/Havid Al Vizki
Neno Warisman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Masyarakat yang akan hadir ke acara Deklarasi Relawan Nasional #2019GantiPresiden diimbau untuk membawa bekal makanan dan kantong untuk tempat sampah atau sisa-sisa makanan. Rencananya, Deklarasi Relawan Nasional Relawan Nasional #2019GantiPresiden akan dilakukan di  Taman Aspirasi, yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat atau samping Monumen Nasional dan berada di depan Gedung RRI, Ahad (6/5) hari ini. 

Penggagas Deklarasi Relawan Nasional #2019GantiPresiden Neno Warisman mengatakan para peserta untuk tetap tertib dan menjaga kebersihan. Karena, dia mengatakan, ciri dari gerakan ini adalah bersih.

“Saya harapkan masyarakat bawa makanan sendiri dan kantong plastik sendiri,” kata dia saat dihubungi Republika, Sabtu (5/5).

Dalam acara itu, dia mengatakan, juga tak akan disediakan bangku. Para peserta juga nantinya akan mengikuti acara itu dengan cara duduk untuk melakukan ibadah zikir dan membaca Alquran atau mengaji.

“Karena nanti akan duduk, untuk mengaji, dan berzikir. Saling silaturahim biasa. Tidak melakukan pergerakan apapun,” kata dia.

Baca Juga: Polisi Larang Kegiatan #2019GantiPresiden di Area CFD

Dia juga mengatakan pesan berikutnya kepada masyarakat yang akan datang di acara ini, yakni tetap berperilaku santun dan juga cerdas dalam bersikap. “Santun di sini, kami menggunakan cara-cara yang mulia.  Lalu cerdas. Kita tahu bahwa ada hal-hal yang empirik berbasis data. Jadi, kami harus cerdas dalam bersikap,” ujar Neno.

Dia juga menekankan masyarakat untuk senantiasa mengikuti acara ini dengan hati yang gembira, ceria, dan juga ikhlas. Masyarakat peserta juga diimbau untuk terus memenuhi acara itu dengan berzikir dan berdoa. 

Dengan demikian, kata dia, acara itu akan menjadi acara yang memberikan kenangan baik bagi diri sendiri. "Satu yang penting, mudah-mudahan gerakan ini yang utama untuk mendekatkan diri kepada Allah,” kata dia. 

Di sisi lain, dia juga menyatakan Deklarasi Relawan Nasional #2019GantiPresiden bergerak di atas rel konstitusi atau UUD 1945. Karena itu, Neno pun mengimbau masyarakat yang akan hadir mengikuti acara tersebut tidak perlu khawatir bakal melanggar aturan. 

“Kami punya ciri, gerakan ini bergerak di atas rel konstitusi sehingga masyarakat tidak usah khawatir, mengeluarkan aspirasi adalah hak rakyat,” kata Neno.

Baca Juga: Neno: Banyak Acara di Deklarasi Relawan #2019GantiPresiden

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement