Sabtu 05 May 2018 05:08 WIB

PAN Ingin Bawaslu Adil Bersikap

Di jalan-jalan, banyak iklan partai yang menjurus kepada kampanye.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Andi Nur Aminah
Komisioner KPI Bidang Pengawasan Isi Siaran,  Nuning Rodiah, di Kantor KPU,  Menteng,  Jakarta Pusat, Rabu (21/2). KPI telah mencatat ada dua parpol yang melakukan iklan kampanye di televisi sebelum masa kampanye Pemilu 2019 dimulai.
Foto: Republika/Dian Erika Nugraheny
Komisioner KPI Bidang Pengawasan Isi Siaran, Nuning Rodiah, di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (21/2). KPI telah mencatat ada dua parpol yang melakukan iklan kampanye di televisi sebelum masa kampanye Pemilu 2019 dimulai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PAN akhirnya melakukan klarifikasi kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait temuan yang dianggap PAN mencuri start kampanye di koran pada Selasa 24 April 2018 lalu. Atas temuan ini, PAN berharap Bawaslu bersikap adil kepada partai lain, yang juga banyak memuat pesan kampanye melalui iklan baliho, spanduk serta di televisi.

"Jadi harus ada kesamaan visi Bawaslu baik yang di pusat maupun di daerah melihat iklan yang dituduh mencuri start kampanye tersebut," kata Wakil Sekjen DPP PAN Bidang Hukum dan HAM Surya Imam Wahyu kepada wartawan, Jumat (4/5).

Menurut dia, kalau Bawaslu jeli, maka akan melihat banyak di jalan-jalan menemukan iklan partai yang menjurus kepada kampanye. Tapi sayangnya Bawaslu tidak menemukan tersebut.

Namun PAN menegaskan apa yang dilakukan dengan memasang iklan di koran bukanlah bentuk curi start kampanye. Iklan tersebut diperuntukkan sebagai pengumuman atau pemberitahuan kepada publik, PAN membuka peluang bagi masyarakat yang ingin bergabung sebagai calon anggota legislatif dari PAN.

"Dan sebenarnya tidak ada pernyataan Bawaslu soal mencuri start kampanye. Bawaslu hanya meminta klarifikasi terkait iklan di koran tersebut," ungkapnya.

Sebelumnya Bawaslu menyorot iklan PAN di salah satu koran nasional pada Selasa 24 April 2018 lalu yang mencantumkan logo PAN dengan nomor urut partai '12 PAS'. Dalam iklan PAN tersebut terlihat tagline 'Pro Rakyat, Pro Umat' dengan jejeran caleg PAN dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Dengan kutipan dari Ketua Umum PAN "Tiap calon akan dilatih dan dibekali agar terpilih sebagai Anggota Legislatif". Iklan ini lantas dianggap Bawaslu berpotensi melakukan kampanye di luar jadwal yang telah ditentukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement