Kamis 03 May 2018 22:13 WIB

Satgas Pangan Sukabumi Pastikan Pasokan Sembako Aman

Menjelang puasa operasi pemantauan akan dimaksimalkan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil
Jelang bulan puasa Ramadhan, Satgas Pangan Kabupaten Bandung melakukan sidak ke pasar Tradisional Soreang, Rabu (2/5). Diketahui jika harga bahan pokok relatif masih stabil dan stok dua bulan ke depan aman.
Foto: Dok Humas Polres Bandung
Jelang bulan puasa Ramadhan, Satgas Pangan Kabupaten Bandung melakukan sidak ke pasar Tradisional Soreang, Rabu (2/5). Diketahui jika harga bahan pokok relatif masih stabil dan stok dua bulan ke depan aman.

REPUBLIKA.CO.ID,  SUKABUMI -- Satgas pangan melakukan pemantauan harga dan ketersediaan sembako di Pasar Gudang, Kota Sukabumi Kamis (3/5). Hasilnya harga sembako terpantau masih stabil dan pasokannya aman hingga satu bulan ke depan.

Dari hasil pantauan harga stabil dan pasokan aman, terang Wakapoolres Sukabumi Kota Kompol Iman Rachman kepada wartawan. Upaya pemantauan dilakukan satgas pangan yang didalamnya terdapat unsur pemkot dan bulog.

Menurut Iman, harga sembako yang terpantau stabil misalnya beras, sayuran dan barang kebutuhan pokok lainya. Ia menuturkan untuk pasokan sembako dinilai masih aman hingga satu bulan ke depan.

Sehingga kata Iman, masyarakat tidak perlu khawatir kekurangan pasokan sembako menjelang datangnya bulan suci Ramadhan mendatang. Selain memantau harga dan ketersediaan sembako petugas juga memastikan tidak adanya penimbunan barang yang akan berpengaruh pada pasokan sembako ke pasaran.

Untuk saat ini ujar Iman, belum ditemukan adanya indikasi penimbunan sembako di Kota Sukabumi. Namun untuk mengantisipasinya petugas akan terus memantau pasokan sembako di pasaran.

Bahkan lanjut Iman, menjelang puasa dan lebaran nanti operasi pemantauan akan terus digiatkan. Hal ini untuk memberikan kenyamanan kepada warga dalam membeli barang kebutuhan pokok masyarakat.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi Heri Sihombing menambahkan, harga sembako di pasaran dua pekan menjelang puasa masih stabil. Dari pantauan hanya harga bawang yang mengalami kenaikan sekitar Rp 2.000 per kilogram, cetus dia.

Namun untuk komoditas yang lainnya masih terpantau stabil. Heri juga memastikan di Sukabumi belum ada indikasi penimbunan barang yang khawatir dilakukan pedagang menjelang puasa dan lebaran.

Menurut dia, petugas akan terus memantau pergerakan harga di pasaran. Selain itu akan memastikan ketersediaan sembako menjelang bulan puasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement