Rabu 25 Apr 2018 22:06 WIB

Longsor Terjang Jalan Jalur Selatan Cianjur-Bandung

Akibatnya jalan belum bisa dilintasi kendaraan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah
Longsor (Ilustrasi)
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Longsor (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Bencana longsor menerjang sarana jalan di jalur selatan Kabupaten Cianjur dan Bandung. Rabu (25/4) sore. Akibatnya jalan tersebut belum bisa dilintasi oleh kendaraan.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, longsor berada di Desa Wangunjaya, Kecamatan Naringgul. Longsoran mencapai panjang 100 meter dengan tinggi sekitar satu meter.

"Longsor berupa material tanah dan batu yang berasal dari tebing di atas badan jalan," terang salah seorang warga sekitar, Rahmat kepada wartawan.

Peristiwa ini terjadi setelah kawasan Naringgul Cianjur diguyur hujan deras.

Beruntung kata Rahmat, pada saat kejadian tidak ada kendaraan yang melintas. Namun material longsor menyebabkan akses lalu lintas menjadi terhambat.

Sebab ujar Rahmat, untuk membersihkan material longsor memerlukan waktu. Tidak bisa dilakukan dengan alat manual.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Dodi Permadi mengatakan, petugas di lapangan telah dikerahkan untuk meninjau beberapa titik bencana di selatan Cianjur.

"Khusus untuk longsor jalan akan dikerahkan alat berat dari bina marga provinsi," terang dia.

Targetnya lanjut Dodi, keberadaan alat berat ini mampu membersihkan material longsor di jalanan. Sehingga akses jalan bisa kembali diliintasi oleh kendaraan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement