Rabu 18 Apr 2018 17:13 WIB

Dana PKH Mulai Dibagikan di Purwokerto

Bantuan Sosial PKH yang dilaksanakan pemerintah terbagi dalam dua bentuk.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Andi Nur Aminah
Warga mengantre di e-warong Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (ilustrasi)
Foto: Antara/FB Anggoro
Warga mengantre di e-warong Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Dana Bantuan Sosial Program Keluarga Kejahtera dari Kementrian Sosial, mulai dibagikan di Kabupaten Banyumas. Di Kecamatan Baturraden, penyaluran bantuan dilakukan di Balai Desa Rempoah, Rabu (18/4).

"Seluruhnya sebenarnya ada 3.013 warga dari enam desa di Kecamatan Baturraden yang menerima Bantuan Sosial PKH 2018. Namun dalam penyaluran kali ini, baru 335 warga yang mendapat bansos PKH. Yang lain, akan mendapatkan dana Bansos dalam penyerahan gelombang berikutnya," jelas Pendamping PKH Faridatul Solikhah.

Dia menyebutkan, penyaluran dana kali ini merupakan penyaluran kali kedua yang dilakukan di Kabupaten Banyumas. Sebelumnya, penyaluran dana PKH diberikan pada warga yang berada di wilayah Kecamatan di Purwokerto Timur.

Menurutnya, dalam penyaluran Bansos PKH tersebut, mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 500 ribu dalam bentuk nontunai. Bantuan diberikan dalam bentuk buku tabungan dan ATM dari Bank Mandiri, yang didalamnya berisi tabungan Rp 500 ribu.

Faridatul juga menjelaskan, Program Bantuan Sosial PKH yang dilaksanakan pemerintah terbagi dalam dua bentuk, yaitu dalam program yang terkait dengan kesejahteraan sosial serta komponen kesehatan, dan juga pendidikan. Untuk komponen kesejahteraan sosial, bantuan diberikan bagi penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan bantuan sebesar Rp 2 juta per tahun.

Sedangkan komponen kesehatan dan pendidikan, diperuntukkan bagi ibu hamil atau yang memiliki balita serta anak usia sekolah dengan bantuan sebesar Rp 1.890.000 per tahun. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement