Selasa 20 Mar 2018 17:34 WIB

Purwakarta akan Miliki Area Konservasi Satwa Langka

Satwa yang nantinya akan dikelola, merupakan hibah dari kementerian

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Esthi Maharani
Taman Satwa Cikao Park yang berada di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, akan jadi area konsevrasi satwa langka, Selasa (20/3).
Foto: ita nina winarsih / Republika
Taman Satwa Cikao Park yang berada di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, akan jadi area konsevrasi satwa langka, Selasa (20/3).

REPUBLIKA.CO.ID,  PURWAKARTA -- Kabupaten Purwakarta akan segera miliki lembaga konservasi satwa. Lembaga ini akan fokus mengurusi satwa-satwa yang langka dan dilindungi oleh pemerintah. Area konservasi memiliki luas 2,5 hektare dan berada di Cikao Park, Kecamatan Jatiluhur.

Direktur Utama PT Cagar Alam Cikao, Afrizal Hadi, mengatakan sudah menyediakan areal dengan luas lima hektare. Dari lima hektare tersebut, 50 persennya khusus diperuntukan sebagai area konservasi satwa. Saat ini, perizinannya sedang ditempuh. Tinggal menunggu dari kementerian.

"Area konservasi ini, kita sebut taman satwa. Lokasinya, menyatu dengan taman rekreasi di Cikao Park," ujar Afrizal, kepada Republika, Selasa (20/3).

Menurut Afrizal, satwa yang nantinya akan dikelola, merupakan hibah dari kementerian. Misalkan, kementerian menyita satwa yang akan diselundupkan, maka satwa tersebut akan dititipkan di area konservasi ini. Akan tetapi, saat ini program tersebut belum terealisasi sebab, masih menunggu turunnya perizinan dalam pengelolaan satwa tersebut.

 

Saat ini area konservasi Cikao Park ini sudah ada sejumlah satwa yang menghuni seperti bebek Mandarin, burung merak, pheasant golden, pheasant silver, pheasant ring neck, dan pheasant yellow. Selain itu, ada marmoset dari Brazil, ular dan lainnya.

"Kami juga, punya area wisata lainnya. Seperti, wahana air (kolam renang), lampion garden, roal coaster mini, dan area out bond," ujar Afrizal.

Sementara itu, Sri Yanti (53 tahun) warga Kabupaten Purbalingga, Jateng, mengaku, dirinya datang jauh-jauh dari Purbalingga ke Purwakarta ingin melihat objek wisata yang ada di wilayah ini. Keluarganya, membawa ke Taman Satwa Cikao Park.

"Cucu saya ini sudah TK, sama sekolahnya diajak kunjungan ke Taman Satwa, lumayan bagus. Anak-anak senang melihat burung, ular dan marmoset," ujar Sri.

Untuk tiket masuknya, Sri mengaku, cukup murah dibanding objek wisata lainnya. Untuk hari biasa, tiket masuk Rp 10 ribu. Lalu, tiket ke area taman satwanya Rp 20 ribu. Kalau akhir pekan, tiket masuknya Rp 15 ribu. Sedangkan, tiket ke area taman satwa dan kolam renang masing-masing Rp 30 ribu per orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement