Jumat 09 Mar 2018 12:41 WIB

Pembuatan SIM A Gratis akan Digelar Tahap Dua

SIM gratis bagi pengemudi angkuran daring akan digelar di beberapa kota.

Warga melakukan ujian teori pada kegiatan pembuatan SIM A Umum kolektif untuk pengemudi angkutan taksi online dan konvensional di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Ahad (25/2).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Warga melakukan ujian teori pada kegiatan pembuatan SIM A Umum kolektif untuk pengemudi angkutan taksi online dan konvensional di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Ahad (25/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemberian subsidi Surat Izin Mengemudi (SIM) A Umum untuk para pengemudi taksi, baik daring maupun konvensional, akan digelar tahap kedua. Demikian menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi.

Budi, Jumat (9/3), mengatakan penyelenggaraan tahap kedua karena antusias masyarakat yang ingin memanfaatkan fasilitas gratis tersebut untuk memenuhi persyaratan sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum tidak dalam Trayek. "Respons masyarakat sangat bagus, sangat terbantu sebenarnya banyak para pengemudi taksi daring ingin memenuhi persyaratan itu, tapi perasaan sulit, tapi sekarang ada kemudahan, mereka semangat sekali sampai membeludak, sehingga ada dua atau tiga putaran lagi, seperti di Jakarta, Yogyakarta," katanya.

Budi mengatakan, tahap kedua juga dilakukan karena ketidakcukupan waktu serta tempat di Samsat setempat untuk melakukannya sekaligus. "Kalau sekaligus sampai sore saja sudah berapa ratus lebih dari itu, bisa sampai malam. Belum mengakomodasi semua. Tahap dua akan dilakukan di Surabaya, Bandung, dan kota lainnya," katanya.

Dia menambahkan, tidak ada alasan lagi bagi pengemudi taksi daring dan konvensional untuk tidak memenuhi persyaratan karena sudah difasilitasi gratis. "Masyarakat juga jadi tenang dalam menyopir, kalau begini kan enak, tidak takut lagi kalau ke mana-mana," katanya.

Budi menyebutkan, sudah ada 1.000 pengemudi taksi yang membuat SIM A Umum gratis di Jakarta, 200 di Surabaya, 200 di Bandung, dan kota-kota lainnya menyusul, seperti Yogyakarta dan Makassar. "Sesuai dengan permintaan Pak Menteri, saya akan jalan terus ke beberapa provinsi dan kota untuk melaksanakan itu," katanya

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement