Ahad 04 Mar 2018 21:45 WIB

Empat Kecamatan di Indramayu Belum Nikmati Air Bersih PDAM

Minimnya ketersediaan air baku menjadi salah satu penyebab kondisi tersebut.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agung Sasongko
Tempat pengolahan air milik PDAM Surabaya.
Foto: Wordpress
Tempat pengolahan air milik PDAM Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Ribuan warga di empat kecamatan di Kabupaten Indramayu hingga kini belum bisaterlayani air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Darma Ayu.Minimnya ketersediaan air baku menjadi salah satu penyebab kondisi tersebut.

 

"Empat kecamatan itu yakni Cikedung, Terisi, Gantar, dan Kroya,"kata Direktur Teknik PDAM Tirta Darma Ayu, Agus Suprihartono, saat ditemui di kantornya, Sabtu(3/3).

 

Agus menjelaskan, kondisi itu disebabkan ketersediaan air baku yang minim. Selamaini, air baku diambil dari Sungai Cimanuk. Namun di sisi lain, banyak pula petani di Indramayu yang juga menyedot air dari sungai tersebut.

 

Apalagi,tak sedikit petani yang mengubah pola tanam padi padi palawija, seperti yang dianjurkan, menjadi padi. Perubahan pola tanam padi hingga tiga kali dalam setahun itu otomatis membutuhkan pasokan air yang lebih banyak.

 

"Dengan adanya Waduk Jatigede, maka bisa menambah pasokan air baku. Ketersediaannya akan lebih bisa terjamin," terang Agus.

 

Agus menilai, meski keempat kecamatan itu belum terlayani air bersih, namun sumberair tanah di wilayah tersebut dinilai masih cukup bagus. Karenanya, kebutuhanair bersih di  masyarakat masih bisa terfasilitasidengan air tanah yang ada.

 

Agus menambahkan, Bupati Indramayu, Anna Sophanah, menargetkan 60 persen dari sekitar1,8 juta jiwa penduduk Indramayu, bisa terlayani air bersih tahun ini. Sedangkansaat ini, pelanggan PDAM Indramayu sudah sekitar 106 ribu pelanggan, atausetara dengan 50 persen penduduk Indramayu.

 

Agus optimistis, kekurangan sepuluh persen dari target atau setara dengan sekitar 15ribu pelanggan baru, bisa terlayani air bersih pada tahun ini. Pasalnya, PDAMIndramayu mendapat bantuan water hibahuntuk 5.000 masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dari APBN.

 

Ditambahlagi, pada tahun ini juga, PDAM Indramayu mengupayakan ada pemasangan regulerbagi 5.000 pelanggan baru. Sedangkan 5.000 pelanggan sisanya, akan dilayanioleh instansi terkait lainnya.

 

Dalamkesempatan yang sama, Kasubag Produksi Lobener PDAM Tirta DarmaAyu Indramayu, Jojo Sutarjo, menjelaskan, dalam pengolahan air baku, tugasPDAM adalah memisahkan larutan yang terlarut dalam air. Dengan demikian, air keruhdari sungai bisa menjadi layak konsumsi.

 

Dalam proses penjernihan air sungai Cimanuk sebagai air baku, PDAMIndramayu menganut pengolahan lengkap, tandas Jojo

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement