Jumat 02 Mar 2018 20:49 WIB

Ke Klender, Sandiaga Temukan PKL yang Belum Mau Ditata

Sebagian PKL di Pasar Klender mengaku telah berjualan lebih dari 20 tahun

Rep: Sri Handayani/ Red: Bilal Ramadhan
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengikuti senam bersama di Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Jumat (2/3).
Foto: Republika/Sri Handayani
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengikuti senam bersama di Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Jumat (2/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di sela gowes Jumat dari rumah dinas ke Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno sempat singgah ke Perumnas Pasar Klender. Ia berdialog dengan sejumlah PKL yang ditata oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur.

Sandiaga mengatakan, penataan PKL oleh Pemkot Jakarta Timur sudah dilakukan dengan baik. Namun, ia masih menemui ada pedagang yang belum menerima keputusan tersebut.

"Ada yang masih belum bisa menerima tapi tadi ada dialog dengan Dirut PD Pasar Jaya," kata Sandiaga di Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Jumat (2/3).

Menurut Sandiaga, sebagian pedagang mengaku telah berjualan lebih dari 20 tahun. Mereka berdagang di badan jalan. Para warga ingin agar fungsi jalan dikembalikan. Oleh karena itu, para PKL akan direlokasi ke pasar.

Ruas jalan bisa digunakan oleh kendaraan, sementara trotoar dimanfaatkan pejalan kaki. "Kita pindahkan, relokasi mereka ke pasar sehingga ada kesetaraan dan ada flow yang banyak," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Sandiaga akhirnya berkunjung ke Kantor Wali Kota Jakarta Timur setelah tiga kali membatalkan rencananya. Ia berangkat dari rumah dinas Wakil Gubernur DKI di Jalan Denpasar, Kuningan, Jakarta Selatan dengan dijemput oleh Wakil Wali Kota Jakarta Timur M Anwar.

Keduanya bersepeda menuju kediaman di Jalan Pulobangkeng Nomor 5, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di sana, kata Sandiaga, Bambang sudah menunggu di depan pintu. Dari Pulobangkeng, ketiganya menyusuri Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.

Mereka melihat kegiatan pembongkaran trotoar untuk persiapan Asian Games 2018. Ia juga sempat menelpon Kepala Dinas Bina Marga Yusmada Faizal untuk melakukan percepatan. Dari Jalan Sudirman, Sandiaga melanjutkan bersepeda ke Kasablanka. Ia mengaku sempat pegal-pegal karena harus melewati tujuh jembatan.

Sesuai dengan agenda yang telah disiapkan, Sandiaga sempat mampir ke Pasar Klender, Jakarta Timur. Ia berdialog dengan para pedagang kaki lima yang sedang dalam penataan.

Sandiaga tiba di Kantor Wali Kota Jakarta Timur sekitar pukul 08.15 WIB. Ia tampak menggunakan kaos olah raga bertuliskan "Komunitas Gowes Walkot Jaktim". Di sana, ia sudah disambut oleh ratusan pegawai pemkot.

Sandiaga mengikuti serangkaian acara. Ia melakukan senam bersama para karyawan. Ia juga menyerahkan klaim kepada para penerima manfaat BPJS Ketenagakerjaan dan bantuan untuk beberapa masjid dan musala di Jakarta Timur. Ada juga beberapa doorprize yang dibagikan.

Usai acara tersebut, Sandiaga melakukan penebaran benih bibit ikan nila dan ikan mujaer. Ia juga melakukan panen tanaman hidroponik secara simbolis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement