Selasa 20 Feb 2018 06:50 WIB

Relawan Emil Patungan untuk Modal Kampanye Rindu

Emil mengajak pendukungnya patungan untuk modal kampanye.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Bayu Hermawan
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum
Foto: Republika/Edi Yusuf
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Tim pemenangan pasangan Ridwan Kamil - UU Ruzhanul Ulum (Rindu) menggelar acara yang berbertajuk Hayu Beberes Jabar Babarengan di Hotel Padma, Bandung, Senin (19/2) malam. Pada acara Ngariung Bareng RINDU ini, Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mengajak seluruh pendukungnya untuk menyingsingkan lengan, bergerak membantu baik lewat tenaga, pikiran maupun materi melalui program Udunan Warga.

"Hanya dengan udunan (patungan) Rp10.000,- babarengan kita bisa buat Jabar Juara, kata Ridwan Kamil atau akrab disapa Emil kepada para relawan dan masyarakat yang hadir.

Dalam acara tersebut, para relawan dan masyarakat antusias membantu pasangan Rindu. Pada kegiatan itu,berhasil mengumpulkan Rp 200 juta.

Wakil Ketua Tim Pemenangan RINDU Arfi Rafnialdi mengajak masyarakat Jawa Barat untuk ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini. "Partisipasi ini penting karena Pilkada bukan hanya hajat politik parpol atau para cakada, melainkan hajatnya seluruh warga Jawa Barat. Keterlibatan publik dalam pembiayaan pilkada dapat mereduksi praktik politik traksaksional," ujarnya.

Sementara itu Bendahara Tim Pemenangan RINDU, Aria Girinaya menambahkan bahwa antusiasme pendukung sangat luar biasa sekali merespon program Udunan Warga ini. Ketika kami pertama kali menyebarkan undangan ke para pendukung, antusiasmenya sangat luar biasa. Tiket VVIP Langsung terjual 5 menit setelah undangan dikirimkan," tuturnya.

Giri mengungkapkan, pihaknya terkejut bahwa program ini bisa mengumpulkan Rp 200 juta dalam tempo semalam saja. Untuk keterbukaan dan transpransi, kami akan melaporkan seluruh dana yang terkumpul ini ke KPU lengkap beserta dengan data-data peserta udunan.

Udunan warga atau disingkat Uwa adalah program tim relawan RINDU yang ingin mengajak warga menjadi pemeran utama dalam pendanaan demokrasi, sehingga ke depan, kandidat yang menang hanya berhutang pada cita-cita warga. Bukan kepada pihak-pihak tertentu yang sering menjadi ATM calon kepala daerah.

Program ini merupakan ihtiar relawan RINDU untuk mengembangkan penggalangan dana secara transparan, terpercaya dan efisien serta sesuai aturan KPU. Pengumpulan dana dan penggunaan dana akan dilaporkan sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh lembaga penyelenggara Pilkada.

Menurut Giri, melalui udunan warga diharapkan warga bisa teredukasi untuk ikut serta dalam sistem pendanaan politik agar ke depan kualitas demokrasi di Indonesia bisa meningkat.

Program Uwa juga dapat dilakukan melalui "Kencleng Sapuluh Ribu-an", di Rumah Pemenangan RINDU, atau udunan secara online melalui website: www.jabarjuara.id/udunan.

Warga yang ingin berpartisipasi harus mengisi formulir dan menyertakan tanda tangan basah sesuai dengan aturan KPU. Seluruh dana yang diterima juga akan dipublikasikan di website www.udunan.jabarjuara.id

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement