Kamis 08 Feb 2018 02:28 WIB

Situs Trik di Sidoarjo Bagian dari Peradaban Majapahit

Melihat strukturnya situs itu merupakan bagian dari pagar.

Hiasan resmi kerajaan Majapahit, Surya Majapahit
Foto: ForumBudaya
Hiasan resmi kerajaan Majapahit, Surya Majapahit

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Situs Trik yang ditemukan di Desa Kedung Bocok, Sidoarjo, diperkirakan bagian dari peradaban Kerajaan Majapahit. Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur mengonfirmasi hal tersebut, meski mengatakan kajian lebih dalam masih harus dilakukan. 

"Kami masih harus melakukan kajian lebih dalam lagi untuk mengetahui tentang keberadaan situs tersebut, namun kalau melihat strukturnya, situs itu merupakan bagian dari pagar," ujar Kepala Seksi Pelindungan Pengembangan Pemanfaatan Cagar Budaya BPCB Jatim, Widodo, Rabu (7/2), saat dikonfirmasi di lokasi penemuan situs.

Ia menjelaskan, dengan adanya penemuan itu, maka bisa disimpulkan bahwa di lokasi tersebut pernah terjadi peradaban manusia, termasuk dengan ditemukannya cuilan tembikar yang ada.

"Untuk sementara ini, penggalian tersebut dihentikan karena untuk menggali sebuah situs diperlukan teknik dan juga keahlian sendiri, salah satunya setiap 10 sentimeter harus dilakukan pendataan dan juga didokumentasikan secara lengkap," ujarnya.

Sebelumnya, warga Desa Kedung Bocok, Sidoarjo, Jawa Timur, menemukan sebuah susunan batu bata yang diduga sebagai situs purbakala peninggalan kerajaan Majapahit.

Kepala Desa Kedung Bocok, Mochamad Ali Ridho, mengatakan penemuan situs tersebut sudah berlangsung sejak sepekan lalu saat ada warga yang akan menanam ketela.

"Saat itu, Paiman salah seorang warga kami akan menggali tanah yang akan digunakan untuk menanam ketela. Namun saat menggali tanah tiba-tiba cangkulnya mengenai batu bata. Dan kemudian setelah digali, ternyata berupa batu bata yang tersusun rapi," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement