Senin 05 Feb 2018 21:44 WIB

Bupati Banggai Komitmen Wujudkan Kabupaten Layak Anak

Komitmen itu harus didukung semua pihak.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Karta Raharja Ucu
Kota Layak Anak
Foto: uad.ac.id
Kota Layak Anak

REPUBLIKA.CO.ID, BANGGAI -- Bupati Banggai, Herwin Yatim menyatakan siap berkomitmen mewujudkan Banggai menjadi kabupaten/kota layak anak (KLA). Hal ini dikatakan Herwin Yatim saat menjadi narasumber acara talkshow bertajuk 'Rokok dan Generasi Kita' di Gunung KONI Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah, Sabtu (3/2).

"Saya akan langsung perintahkan dinas kesehatan untuk menyikapi dan menseriusi poin menjadi Kota Layak Anak," ujar Herwin dalam keterangan tertulis yang didapat Republika.co.id, Senin (5/2).

Herwin menyatakan komitmen mewujudkan Banggai menjadi KLA harus didukung semua pihak, sebagai bentuk kepedulian dan perlindungan terhadap anak. Salah satu komitmen itu adalah menjaga generasi muda dari pengaruh negatif rokok. Hal ini, menurut dia, bisa diwujudkan melalui penegakkan aturan Kawasan Tanpa Rokok dan memerangi konsumsi rokok.

Menurut Herwin salah satu poin yang harus disikapi serius adalah persoalan dampak rokok terhadap anak. "Rokok jelas tidak baik untuk kesehatan sehingga anak-anak harus dilindungi dari dampak rokok," jelasnya.

Herwin sendiri optimistis dapat meraih penghargaan KLA bila program ini didukung seluruh unsur masyarakat. Ia mencontohkan ibu kota Kabupaten Banggai, Kota Luwuk, tahun lalu meraih penghargaan Adipura karena dukungan kuat masyarakat. Luwuk meraih Penghargaan Adipura tahun 2017 lalu sebagai sebuah penghargaan untuk kota di Indonesia yang berhasil yang berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan.

Selain itu, ia juga mengapresiasi komunitas anak muda yang sudah membantu pemerintah dengan memberikan edukasi dampak rokok kepada masyarakat. Menurut Herwin, upaya anak muda mengedukasi masyarakat tentang bahaya rokok sangat penting dan sejalan dengan tujuan mewujudkan Banggai jadi KLA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement