Senin 05 Feb 2018 14:03 WIB

Lalu Lintas Jalur Puncak Dialihkan, Ini Rutenya

Material longsor di Simpang Widuri menutup badan jalan.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Nur Aini
Bencana longsor terjadi di Puncak, Bogor, Senin (5/2) sekira pukul 09.20 WIB.
Foto: dok. Polres Bogor
Bencana longsor terjadi di Puncak, Bogor, Senin (5/2) sekira pukul 09.20 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Arus kendaraan dari arah Cianjur menuju Puncak Bogor untuk sementara dialihkan pada Senin (5/2). Langkah ini diambil menyusul terjadinya longsor di jalur Puncak Kabupaten Bogor.

Data dari Polres Cianjur menyebutkan, pada sekitar pukul 09.20 WIB di wilayah Bogor tepatnya Simpang Widuri di Riung Gunung dan Attaun terjadi longsor yang menutup badan jalan. ''Jadi kami membantu wilayah Bogor supaya Puncak dapat bergerak dengan rekayasa wilayah Cianjur,'' kata Kasat Lantas Polres Cianjur AKP Rendi Setia Permana kepada wartawan.

Upaya rekayasa ini dilakukan di dua titik. Pertama, di pos botol kecap, polisi memberlakukan putarbalik kendaraan. Sementara yang kedua, di pos TMC, polisi melakukan tutup total lalu lintas.

Polisi mengalihkan lalu lintas kendaraan arah Jakarta atau Bogor melalui Sukabumi atau Jonggol. Ia menerangkan penutupan dilakukan secara situsional dengan melihat perkembangan di lapangan. Bila akses jalan menuju Puncak Bogor sudah bisa dibersihkan maka penutupan jalan untuk arus kendaraan akan dibuka kembali.

 

Pengalihan arus lalu lintas ke arah Sukabumi juga telah diantisipasi Polres Sukabumi. ''Kami sudah antisipasi anggota yang tergelar di sepanjang jalur utara Sukabumi-Bogor,'' kata Kasat Lantas Polres Sukabumi AKP Galih Bayu Raditya.

Hal itu terutama di titik yang rawan kemacetan lalu lintas seperti di pasar yakni Cicurug, Parungkuda, dan Cibadak. Pasalnya, kata dia, pengalihan arus dari Cianjur ke Sukabumi akan berdampak pada meningkatnya jumlah kendaraan yang melintas.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement