Sabtu 03 Feb 2018 09:14 WIB

Bursa Cawapres Makin Panas, Siapa Paling Kuat?

Cawapres militer dinilai potensial dan figur-figur muda yang segar pun dinanti-nanti.

 Jurnalis menunjuk paparan hasil survei LSI  menjelang Pilpres 2019 di Graha Dua Rajawali, Jakarta, Jumat (2/2).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Jurnalis menunjuk paparan hasil survei LSI menjelang Pilpres 2019 di Graha Dua Rajawali, Jakarta, Jumat (2/2).

REPUBLIKA.CO.ID  Oleh: Amri Amrullah, Febrianto Adi Saputro

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei mengenai popularitas para tokoh yang berpeluang maju sebagai calon wakil presiden (Cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. LSI membagi lima jenis bursa Wapres di Pilpres 2019 nanti.

Peneliti LSI Adjie Alfaraby mengatakan kelima jenis itu berasal dari latar belakang berbeda. Ada wapres berlatar belakang militer, Islam, partai politik (Parpol), pemimpin atau gubernur provinsi strategis, dan berlatar belakang profesional.

Adjie mengungkapkan dari bursa cawapres berlatar belakang Islam, ada dua nama yang berpeluang dibanding tokoh yang lain. Keduanya adalah Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang memiliki popularitas sebesar 32,4 persen dan Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi (TGB), yang popularitasnya mencapai 13,9 persen.

Menurut Adjie, berbeda dengan Cak Imin yang mulai aktif melakukan sosialisasi sebagai cawapres, sementara TGB belum bergerak. "Sungguh pun tingkat pengenalan Zainul Majdi masih rendah, namun tingkat kesukaan publik yang mengenalnya sangat tinggi, di atas 70 persen," ujar Adjie di kantor LSI, Jakarta Timur, Jumat (2/2).

Untuk wapres berlatar belakang militer, tiga nama yang paling menonjol adalah, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan popularitas sebesar 71,2 persen. Sementara mantan panglima TNI Gatot Nurmantyo memiliki popularitas 56,5 persen dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dengan popularitas 18,0 persen.

"Meskipun popularitas Moeldoko masih rendah, namun masuknya Moeldoko dalam kabinet Jokowi membuka peluang memainkan langkah gambit," jelas Adjie.

Dari bursa cawapres dari latar belakang parpol, menurut Adjie, ada dua nama yang muncul, yaitu Ketum Golkar Airlangga Hartarto dengan popularitas 25 persen dan Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan yang punya popularitas 16 persen.

"Budi Gunawan saat ini menjabat sebagai Kepala BIN. Sejarah membawanya melambung dengan simbol PDIP. Sementara Airlangga Hartarto juga datang tak terduga. Sejarah pula yang membawanya menjadi ketum Golkar dalam injury time dan momen menentukan," ucap Adjie.

Dia menuturkan, cawapres berlatar belakang parpol hanya dimasukkan PDIP dan Golkar, karena, lanjut Adjie, kedua partai itu punya kekuatan daya tawa lebih besar di banding partai lain. Survei itu dilakukan terhadap 1.200 responden yang dipilih melalui multistage random sampling. Wawancara tatap muka dilakukan serentak di 34 provinsi pada 7 sampai 14 Januari 2018.

Bagaimana dengan panggung cawapres dari kalangan profesional? Tersedia empat nama di sana. Ada dua nama berasal dari kabinet kerja Jokowi: Susi Pudjiastuti dan Sri Mulyani.

Hadir pula dua nama di luar kabinet. Mereka tokoh pungusaha mewakili wilayah barat dan timur. Chairul Tanjung pengusaha sukses pemilik CT Corp. Aksa Mahmud, pengusaha sukses berasal dari Sulawesi Selatan, pemilik Bosowa Corp. Aksa Mahmud juga adalah iparnya Jusuf Kalla.

Latar belakang militer

Pada survei Indo Barometer yang diumumkan pada Desember lalu, figur militer menjadi pilihan mendampingi Jokowi. Survei Indo Barometer menempatkan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai calon wakil presiden paling potensial untuk Joko Widodo.

Nama Gatot mengalahkan nama-nama lain untuk mendongkrak elektabilitas Jokowi melawan pasangan calon Prabowo Subianto-Anies Rasyid Baswedan. Dalam beberapa simulasi Jokowi dengan cawapres, pasangan Jokowi-Gatot berhasil meraih 47,9 persen.

Cawapres potensial Jokowi selanjutnya yaitu Menteri Keuangan Sri Mulyani. Jokowi-Sri Mulyani mendapatkan 43,4 persen. Selanjutnya, disusul berurutan Jokowi-Tito Karnavian 41,5 persen dan Jokowi-Budi Gunawan 41,2 persen.

Nama Gatot Nurmantyo memang terus melejit karena sering muncul dalam pemberitaan di media. Namanya mulai sering didengar oleh masyarakat. Hal itu yang dinilai menaikkan nama Gatot sebagai cawapres paling potensial untuk memenangkan Jokowi di Pemilu 2019.

Direktur Indo Barometer Muhammad Qodari mengatakan, Gatot sebenarnya hanya salah satu nama dari tiga nama yang namanya terus melejit. Dua nama lain adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dari hasil survei, syarat yang pas untuk mendampingi Jokowi pada pilpres dua tahun mendatang yakni dari kalangan militer mencapai 22,5 persen, disusul dengan kriteria berpengalaman dalam pemerintahan 14,3 persen dan dekat dengan rakyat sebesar 12,3 persen.

Dari tiga nama yang melejit, dua di antaranya, Gatot dan AHY, sama-sama berasal dari kalangan militer. Jika Gatot menjadi pendongkrak tertinggi suara Jokowi saat dipasangkan, AHY justru menjadi kandidat dengan suara tertinggi mendampingi Jokowi, tanpa mencantumkan nama Anies Baswedan.

Pengamat militer dari Universitas Padjadjaran, Muradi, menlilai Presiden Joko Widodo membutuhkan sosok berlatar belakang militer untuk persiapan Pilpres 2019. Penunjukan Jenderal (Purn) Moeldoko dan Agum Gumelar untuk mengisi posisi strategis di pemerintahan mengesankan hal itu.

Muradi menilai pemilihan kedua figur berlatar belakang militer itu dipilih untuk mengimbangi figur lain yang berlatar belakang militer pula. Figur yang sekiranya akan menjadi lawan pada Pilpres 2019 mendatang. "Jadi memang ini langkah yang saya kira harus dilihat untuk persiapan 2019. Saya kira sosok Moeldoko dan Agum relatif bersih," katanya.

Jangan cuma incar cawapres

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah memandang para tokoh lebih baik maju sebagai capres dan membicarakan gagasan masing-masing tentang bagaimana membangun Indonesia ke depan. Ia juga meyakini, kepemimpinan 2019 mendatang akan beralih kepada generasi berumur maksimal sebelum 50 tahun.

"Nah karena itu jangan ngincer wapres-wapres dong," kata Fahri di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (2/2).

Ia pun mengimbau kepada generasi muda untuk berani maju menjadi calon presiden dan mengungkapkan tentang bagaimana mengelola bangsa. "Saya akan lebih bangga memilih orang kayak Cak Imin, Pak Zul tuh jadi capres, biar mereka tempur, ini orang punya konten semua, jago," ujarnya.

Fahri pun enggan menanggapi ketika ditanya apakah dirinya ikut mencalonkan diri menjadi capres atau cawapres pada pilpres 2019 mendatang. Ia justru menginginkan tokoh-tokoh tersebut membentuk tim untuk kepemimpinan baru di masa yang akan datang.

"Saya jadi chearleaders saja, saya jadi mak comblang saja, gitu saja. Itu kita kerjaannya begitu saja," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement