Jumat 02 Feb 2018 21:38 WIB

Irwan Prayitno Dilantik Jadi Ketua Mabida Gerakan Pramuka

Gubernur Sumbar itu dilantik langsung oleh Adhyaksa Dault

Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Sumatera Barat
Foto: dok: Kwarnas Gerakan Pramuka
Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Sumatera Barat

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Sumatera Barat masa bakti 2017-2022. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault. Pelantikan digelar di Auditorium Gubernur pada Jumat, 2 Februari 2018, Pukul 10.00-11.30 WIB.

Adhyaksa Dault mengapresiasi Gubernur Sumatera Barat yang telah mendukung pendidikan karakter melalui Gerakan Pramuka. Ia berharap, dukungan kepada Kwarda Gerakan Pramuka Sumatera Barat agar terus berlanjut.

Ia menambahkan, Gerakan Pramuka sangat penting bagi masa depan Indonesia. Sebab, Gerakan Pramuka mendidik karakter generasi muda sebagai penerus estafet bangsa Indonesia. Pramuka saat ini kelak menjadi pemimpin bangsa Indonesia

"Indonesia luas sekali. Ada beragam suku, budaya dan bahasa di Indonesia. Wadah mereka  yang paling baik adalah Pramuka. Pramuka di manapun berada sangat berguna dan memberikan manfaat untuk masyarakat Indonesia," ucap Adhyaksa Dault dalam keterangan tertulis, Jumat (2/1).

Hal senada disampaikan Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno. Menurut dia, dalam sejarah Indonesia tidak bisa dipungkiri Pramuka tampil di depan. Para tokoh dan senior telah menunjukkan perjuangannya, utamanya untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pramuka harus terus dikembangkan. Insya Allah Pramuka dapat jadi tokoh dan teladan bagi kita semua, kepada generasi muda. Pramuka terbukti telah membantu membentuk karakter disiplin, amanah dan jujur generasi muda, " ucapnya

Karena itu, Ketua Mabida Kwarda Gerakan Pramuka Sumatera Barat ini siap mendukung kegiatan kepramukaan. “Insya Allah siap membantu Gerakan Pramuka demi kepentingan pembangunan Sumber Daya manusia (SDM) Sumatera Barat,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Irwan Prayitno yang baru dilantik kemudian melakukan pelantikan terhadap Nasrul Abit sebagai Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumatera Barat masa bakti 2017-2022 beserta jajarannya. Ia juga melantik Ketua Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwarda Gerakan Pramuka Sumatera Barat masa bakti 2017-2022.

Nasrul Abit mengatakan, pendidikan kepramukaan berkontribusi dalam pendidikan nasional dan pembangunan karakter. Gerakan Pramuka juga membangun semangat nasionalisme dan patriotisme generasi muda.

“Karena itu, dibutuhkan dukungan semua pihak, termasuk pemerintah melalui anggaran. Kita juga berharap kepada wartawan bisa bekerjasama untuk publikasi kegiatan-kegiatan Pramuka,” pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement