Kamis 29 Dec 2022 14:24 WIB

Semangat Baru, Pengurus Ranting Gerakan Pramuka Keluang Resmi Dilantik

Pramuka jadi salah satu wadah pembinaan generasi muda dalam mengembangkan karakter

Pj Sekda Muba Musni Wijaya sekaligus Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Muba melantik Pengurus Majelis Pembimbing Ranting dan Pengurus Dewan Kerja Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Keluang masa bakti 2022-2025.
Foto: Pemkab Muba
Pj Sekda Muba Musni Wijaya sekaligus Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Muba melantik Pengurus Majelis Pembimbing Ranting dan Pengurus Dewan Kerja Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Keluang masa bakti 2022-2025.

REPUBLIKA.CO.ID, KELUANG - Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin (Pj Sekda Muba) Musni Wijaya sekaligus Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Muba melantik Pengurus Majelis Pembimbing Ranting dan Pengurus Dewan Kerja Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Keluang masa bakti 2022-2025. Pelantikan diselenggarakan di Dusun Tebing Amit Kelurahan Keluang, Kecamatan Keluang, Kamis (29/12/2022).

Pada kesempatan itu Pj Sekda Muba melantik Camat Keluang Debby Haryanto sebagai Ketua Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka Keluang. Selanjutnya dilakukan pelantikan terhadap Pengurus Kwartir Ranting Keluang Sadiman sebagai ketua dan Pelantikan Dewan Kerja Ranting Gerakan Pramuka Keluang Tyo Saputro sebagai ketua.

Baca Juga

Dalam sambutannya Musni Wijaya mengatakan Gerakan Pramuka adalah pendidikan non-formal yang melengkapi dan mengisi pendidikan di lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga. Gerakan Pramuka dibentuk atas dasar suka dan sukarela penuh dengan kesadaran serta keinginan sendiri untuk membantu pemerintah juga masyarakat dalam melaksanakan pembangunan nasional khususnya di bidang pendidikan.

Menurutnya, pendidikan kepramukaan dan sangat penting dilaksanakan sebagai salah satu wadah pembinaan generasi muda dalam mengembangkan karakter baik berdasarkan prinsip dasar dan metode kepramukaan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa serta masyarakat saat ini.

photo
Pj Sekda Muba Musni Wijaya sekaligus Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Muba melantik Pengurus Majelis Pembimbing Ranting dan Pengurus Dewan Kerja Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Keluang masa bakti 2022-2025. - (Pemkab Muba)
 

"Dengan telah disahkannya kepengurusan yang baru, baik pengurus majelis pembimbing ranting, kwartir ranting, dan dewan kerja ranting, diharapkan dapat membawa semangat baru bagi Ranting Keluang ini. Setelah pelantikan ini kakak-kakak dapat segera menyusun dan menyesuaikan program kerja hasil dari rapat kerja cabang dan sidang paripurna cabang yang telah dilaksanakan pada 14 Desember 2022 lalu," ucapnya.

Pengurus yang baru, lanjutnya, mempunyai beban berat sesuai dengan tugas dan fungsinya. Terutama majelis pembimbing ranting yang mempunyai tugas dan tanggung jawab memberikan bimbingan dan bantuan moriil, organisatoris, materil, dan finansial kepada kwartir ranting dan gugus depan atau salah di tingkatnya. Sementara kwartir ranting berkewajiban membantu pengelolaan pembinaan dan sebagai penghubung antara Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di wilayahnya dengan Kwartir Ranting Keluang.

"Berkaitan dengan itu keberhasilan kwartir ranting tidak luput dari peran serta dan dukungan semua pihak yang turut berperan aktif untuk memajukan Gerakan Pramuka," ujarnya.

Ketua Kwarcab Muba ini juga berharap agar pengurus gerakan kepramukaan tidak ragu untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai dengan UU Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010 dan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka Nomor 07/MUNAS/2018. "Kepada kakak-kakak Pengurus Kwartir Ranting Keluang yang telah menyelesaikan masa baktinya, kami ucapkan terima kasih atas segala usaha dan pengorbanannya kepada Gerakan Pramuka. Untuk kakak-kakak yang baru dilantik, selamat menjalankan tugas. Semoga diberi kemudahan dan kelancaran serta apa yang kita perbuat saat ini mendapat ridho dari Yang Maha Kuasa," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement