Jumat 02 Feb 2018 16:00 WIB

Polisi: Pelaku Gangguan Jiwa, Kasus Prawoto Jalan Terus

Polisi mengatakan pelaku harus tetap mempertanggungjawabkan perbuatannya

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Bilal Ramadhan
Suasana pemakaman Ustad Pratowo di pemakaman keluarga di kawasan Burujul, Desa Mekar Rahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Kamis (1/2).f
Foto: Republika/Muhammad Fauzi Ridwan
Suasana pemakaman Ustad Pratowo di pemakaman keluarga di kawasan Burujul, Desa Mekar Rahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Kamis (1/2).f

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Satuan Polrestabes Bandung telah mengamankan Asep Maftuh yang menganiaya Komandan Brigade PP Persis, Prawoto. Saat ini pelaku sudah ditahan di Polrestabes Bandung untuk menjalani pemeriksaan.

Kepala Polrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo mengatakan meski diduga mengalami gangguan jiwa, penyelidikan kasus tersebut tetap dilanjutkan. Polisi akan memeriksa kejiwaan dan meminta keterangan saksi-saksi guna pemberkasan kasus.

"Pelaku harus tetap mempertanggungjawabkan perbuatannya. Sesuai dengan pasal yang dilanggar sampai dengan nanti ke pengadilan," kata Hendro di Mapolrestabes Bandung, Jumat (2/2).

Hendro menuturkan pihaknya akan mengumpulkan keterangan pelaku dan saksi untuk dilakukan pemberkasan yang akan dikirimkan ke kejaksaan. Selain itu pemeriksaan kejiwaan di rumah sakit akan dilakukan kepada pelaku yang diduga mengalami gangguan kejiwaan.

"Setelah berkas perkara jadi akan segera kita kirim ke penutut umum laporan berkasnya dan barang buktinya. Semoga kasus ini segera bisa kita tuntaskan sampai ke meja pengadilan," ujarnya.

Menurutnya pemeriksaan membutuhkan waktu kurang lebih 14 hari. Sehingga berkas perkara benar-benar lengkap untuk kelanjutan perkara. Ia menyebutkan pelaku menganiaya korban dengan menggunakan pipa besi sepanjang lebih dari 1 meter.

Akibatnya korban tewas setelah sempat dilarikan ke rumah sakit namun tidak tertolong. Sebelumnya Satreskrim Polrestabes Bandung juga menggelar pra rekontruksi di tempat kejadian perkara diBlok Sawah, Kelurahan Cigondewah Kidul, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung.

Kasatreskrim AKBP M Yoris Maulana mengatakan pemeriksaan pelaku yang diduga mengalami gangguan jiwa akan dilakukan. "Kita akan lakukan penahanan nanti dinyatakan sakit jiwa atau tidak di sidang nanti," kata Yoris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement