Jumat 26 Jan 2018 18:00 WIB

Dinsos Amankan ODMK Mengamuk Tengah Malam

Di rumah sakit pun, ODMK tersebut diketahui masih terus mengamuk

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Hazliansyah
Pasien penderita penyakit gangguan jiwa (ilustrasi)
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Pasien penderita penyakit gangguan jiwa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Timur mengamankan satu Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) di kawasan Klender, Duren Sawit. ODMK tersebut dikabarkan tiba-tiba mengamuk pada Kamis (25/1) menjelang tengah malam.

"Petugas menerima laporan melalui aplikasi CRM (Citizen Relayion Management) Jakarta Smart City melalui call center 112 tentang adanya ODMK mengamuk dan membuat resah keluarga dan warga sekitar Klender, Duren Sawit," kata Petugas P3S Suku Dinas Sosial Jakarta Timur, Ikhsan dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Jumat (26/1).

Ikhsan mengatakan, petugas langsung mengantarkan ODMK tersebut ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut. Namun setibanya di rumah sakit, ODMK tersebut diketahui masih terus mengamuk.

"Ketika di rumah sakit, ODMK itu masih mengamuk dan sulit untuk diobservasi. Maka untuk memudahkan, petugas terpaksa mengikat kedua tangan dan kakinya kemudian memberikan suntik bius agar lebih tenang," lanjut dia.

Meskipun demikian, petugas bersyukur karena ODMK segera dilaporkan. Apabila tidak dilaporkan dan ditindaklanjuti dengan cepat maka akan berisiko terhadap keamanan dan keselamatan warga sekitar terlebih lagi keluarganya.

"Sebenarnya kami sudah beranjak pulang karena waktu sudah menunjukkan jam 23.30 WIB. Tapi setelah ada laporan, kami pun segera menindaklanjuti laporan tersebut. Akhirnya patugas yang sudah jalan pulang kumpul lagi," ungkap Ikhsan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement