Rabu 24 Jan 2018 13:14 WIB

Normalisasi Tiga Situ di Kota Depok akan Difokuskan

Selain menampung air, keberadaan situ juga bisa menjadi destinasi wisata.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Alat transportasi air yang dimanfaatkan oleh warga untuk menyeberangi situ besar lio dari Jalan Anyelir ke Jalan Kembang Lio Depok, Jawa Barat, Jum'at (27/2).   (foto : MgROL_34)
Alat transportasi air yang dimanfaatkan oleh warga untuk menyeberangi situ besar lio dari Jalan Anyelir ke Jalan Kembang Lio Depok, Jawa Barat, Jum'at (27/2). (foto : MgROL_34)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok akan fokus untuk menormalisasi situ, terutama tiga situ yakni Situ Pengasinan Kecamatan Sawangan, Situ Cilodong, dan Situ Pladen Kecamatan Beji.

"Hal ini agar fungsi penyerapan air situ bisa lebih maksimal," kata Kepala DPUPR Kota Depok Manto di ruang kerjanya, Rabu (24/1). "Ketiga situ tersebut akan mendapatkan perhatian khusus, mengingat fungsinya sangat strategis dalam upaya pencegahan banjir dan memiliki potensi wisata yang menjanjikan."

Selain memiliki fungsi penampungan air, kata Manto, keberadaan situ saat ini juga telah menjadi destinasi wisata. Seperti Situ Cilodong misalnya, sehingga mengharuskan situ tersebut dinormalisasi. "Ini dilakukan untuk menjamin kenyamanan pengunjung menikmati keindahannya," ujar dia.

Menurut Manto, kegiatan normalisasi butuh kesabaran karena kebanyakan akses jalan untuk menuju situ tidak menunjang sehingga menyulitkan alat berat sampai ke lokasi. "Seperti Situ Pladen, butuh penanganan serius, tapi aksesnya sulit. Namun, tetap akan kami upayakan tahun ini," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement