Rabu 10 Jan 2018 06:12 WIB

OP Beras di Sukabumi Diklaim Redam Kenaikan Harga di Pasaran

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Winda Destiana Putri
Beras
Beras

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pelaksanaan operasi pasar (OP) beras medium di Kota/Kabupaten Sukabumi diklaim efektif untuk meredam kenaikan harga di pasaran. Pasalnya, pelaksanaan OP beras akan menambah ketersediaan beras di pasaran yang sempat berkurang akibat faktor belum masuknya musim panen raya padi.

"Harga beras di Kota Sukabumi mengalami kenaikan dalam dua hari terakhir," ujar Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi Ayep Supriatna kepada wartawan di sela-sela launching OP beras medium di Gudang Bulog Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Selasa (9/1). Besaran kenaikan sekitar 12,5 persen dibandingkan kondisi normal.

Dicontohkan Ayep, harga beras premium Ciherang dari Rp 10 ribu menjadi  Rp 12.400 per kilogram. Sementara beras IR 64 KW I juga naik dari Rp 9.800 per kilogram menjadi Rp 10.400 per kilogram. Terakhir beras IR 64 KW II harganya naik dari Rp 9.500 per kilogram menjadi Rp 9.800 per kilogram.

Ayep menuturkan, kenaikan tersebut dinilai cukup besar dan sudah selayaknya pemerintah melakukan OP beras medium. Pelaksanaan OP beras ini lanjut dia dinilai efektif untuk mencegah gejolak harga yang lebih tinggi lagi.

Untuk tahap awal ungkap Ayep, OP pada Selasa ini digelar di salah satu kios beras di kawasan Pasar Gudang/Ramayanan di Kota Sukabumi. Selanjutnya kata dia titik pelaksanaan OP akan dilanjutkan di kawasan lain yang dilaporkan terjadi kenaikan harga.

Menurut Ayep, sebenarnya stok beras di pasaran masih tersedia namun jumlahnya mengalami penurunan dibandingkan sebelumnya. Kondisi ini sambung dia dikarenakan faktor belum panennya lahan pertanian di sejumlah wilayah dan faktor cuaca buruk beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Sukabumi Asep Jafar menambahkan, pemkab menerima beberapa keluhan dari masyarakat terkait kenaikan harga beras di pasaran. "Keluhan ini terutama disampaikan melalui media sosial," cetus dia.

Oleh karena itu kata Asep, pemkab telah mengajukan permintaan OP beras medium kepada Bulog. Titik pertama pelaksanaan OP yakni di Kecamatan Cibadak yang dilaporkan terjadi kenaikan harga beras dalam beberapa hari terakhir.

Kepala Subdivre Bulog Cianjur Uju Komariah mengatkan, Bulog siap menggelar OP ketika dibutuhkan masyarakat. Terutama lanjut dia pada saat ada gejolak harga di pasaran seperti di Sukabumi. Untuk stok beras OP ungkap Komariah, Bulog telah menyiapkan sebanyak 2.600 ton. Ribuan ton ini akan disalurkan dalam OP beras medium di Sukabumi.

Khususnya kata Komariah di distributor, pasar dan kios yang ada di titik pencatatan yang direkomendasikan Badan Pusat Statistik (BPS). Sasaran penjualan beras OP medium kepada masyarakat umum. Patokan harga beras OP medium ungkap dia, untuk tingkat distributor Rp 8.000 per kilogram dan gudang Rp 7.300 per kilogram.

Menurut Komariah, gejolak harga beras di pasaran disebabkan kelangkaan panen. Dampaknya tutur dia ketersediaan beras medium di pasaran berkurang.

Sehingga ujar Komariah, Bulog siap menggelar OP bekerjasama dengan satgas pangan dan Kementerian Perdagangan (Kemendag). '' OP untuk meredam kenaikan harga dan menjaga daya beli masyarakat,'' imbuh dia. Sehingga kata dia masyarakat membeli komoditi dengan harga terjangkau dan bisa mendongkrak tidak terjadi kelangkaan stok beras medium.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement