Ahad 07 Jan 2018 19:22 WIB

Tenggak Miras Oplosan, Delapan Pemuda di Padalarang Tewas

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andri Saubani
[ilustrasi] Petugas kepolisian membeberkan hasil tangkapan miras oplosan.
Foto: Antara
[ilustrasi] Petugas kepolisian membeberkan hasil tangkapan miras oplosan.

REPUBLIKA.CO.ID, PADALARANG -- Akibat menenggak minuman beralkohol atau minuman keras (miras) yang dioplos dengan berbagai macam bahan kimia, Kamis (4/1) malam, sebanyak delapan orang pemuda di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat tewas. Para pemuda tersebut sehari-hari bekerja di PT. Jin Myoung, Kampung Cibingbin, Desa Laksana Mekar.

Mereka menenggak campuran alkohol dengan minuman berenergi. Kemudian dicampur juga dengan bahan-bahan di dalam pabrik yaitu Na2S203 (hydro), H202 (peroksida), serta NaCLO (byclin).

Kasat Narkoba Polres Cimahi, AKP Wahyu Agung mengatakan kejadian tersebut diperoleh dari laporan warga dan bhabinkamtibmas yang melihat beberapa pemuda tersebut tewas akibat menenggak minuman beralkohol. Kemudian pihaknya mengecek tempat kejadian di lokasi pabrik.

"Bahan-bahan diracik oleh Wisnu, salah satu korban meninggal. Mereka minum bersama-sama di warung dekat pabrik tempat mereka bekerja," ujarnya, Ahad (7/1).

Kemudian, mereka membawa racikan tersebut ke dalam pabrik dan kembali meminumnya. Diketahui, jika minuman beralkohol yang dioplos ditambah dengan NaOH (caustyc) scopinos atau sejenis sabun yang biasa digunakan membersihkan alat-alat mesin pabrik.

Menurutnya, pada Jumat (5/1), beberapa orang mengeluhkan sakit di bagian dada serta penglihatan yang menjadi buram, dan kemudian meninggal. Sementara itu, korban lainnya juga mengeluhkan hal yang sama pada hari Sabtu (6/1) dan Minggu.

Ia menuturkan, korban meninggal yaitu Wisnu, (19) warga Kampung Pasir Astana, Desa Cangkorah Kecamatan Batujajar. Abror, (20) warga Tasikmalaya yang dibawa pihak keluarga dan langsung dimakamkan di kampung halamannya.

Serta Asep Isnen, warga Sasak Naneuh Cimerang, Mulyadi asal Cimerang, Wawan asal Cimerang, Yuda asal Cimerang, Muhammad Arif warga Cijeungjing, dan Ujay Wijana. Sementara, dua orang lainnya selamat dan dalam perawatan di rumah sakit

Kedua orang yang dirawat adalah Dani Ali Nurdin, (20) warga Kampung Ciluncat, Desa Cimerang dan Sigit Hermawan, (20) warga Cijeungjing Kertamulya Padalarang. Dua korban asal Padalarang telah dimakamkan pada Ahad pagi yaitu Mulyadi dan Asep Isnen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement