Ahad 07 Jan 2018 12:09 WIB

PDIP Usung TB Hasanudin dan Anton Charliyan di Pilgub Jabar

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Bayu Hermawan
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri menunjuk Mayjend TNI (Purn) TB Hasanudin sebagai calon gubernur (Cagub) Jawa Barat. Sementara untuk posisi Cawagub, PDI Perjuangan mengusung mantan Kapolda Jawa Barat, Anton Charliyan.

Megawati mengakui banyak mendapat usulan nama terkait siapa yang akan dimajukan sebagai Cagub dan Cawagub PDI Perjuangan. "Saya katakan tidak! Kalau udah ngomog gitu nggak ada yang berani," kata Megawati di DPP PDI Perjuangan Lenteng Agung, Ahad (7/1).

Megawati pun berkisah tentang awal pertemuannya dengan TB Hasanuddin yang kala itu merupakan ajudan Presiden Ketiga Republik Indonesia, BJ. Habibie. Megawati menuturkan saat dirinya menjadi Presiden, ia tetap menunjuk TB Hasanuddin sebagai sekretaris militernya (Sekmil). Selama menjabat ia mengaku tidak pernah membawa orang.

"Buktinya dia ayem aja jadi Sekmil saya sampai selesai. Setelah purna tampaknya beliau nggak mau pisah, dia bilang mau gabung PDIP, saya bilang boleh saja," ujarnya.

Keputusan ini sekaligus menjawab kabar jika PDIP kemungkinan besar akan mendukung Ridwan Kamil di Pilgub Jabar. Kabar tersebut muncul setelah Ridwan Kamil sempat terlihat mendatangi kantor DPP PDIP di Menteng beberapa hari lalu. Ia juga sempat diisukan berpasangan dengan Anton Charliyan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement