Sabtu 06 Jan 2018 09:31 WIB

Mega Harap Cagub-Cawagub Papua Majukan Papua Via Pendidikan

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Budi Raharjo
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat memberikan sambutan pada acara pengumuman rekomendasi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur PDIP di Kantor PDIP Jakarta, Kamis (4/1).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat memberikan sambutan pada acara pengumuman rekomendasi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur PDIP di Kantor PDIP Jakarta, Kamis (4/1).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Umum Partai Dekokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri berharap pasangan calon gubernur dan cawagub Papua yang diusungnya, John Wempi Wetipo - Habel Melkias Suwae mampu memajukan Papua lewat pendidikan. Terlebih cawagub Habel Melkias Suwae (HMS) adalah tokoh yang pernah berperan aktif dalam memajukan pendidikan di Papua.

"Ini orangnya tinggi besar, selama tiga tahun jadi guru Sekolah Dasar," kata Megawati di Kantor DPP PDIP, belum lama ini.

Megawati menyebut, pria kelahiran Tablanusu 28 Mei 1982 tersebut pernah juga menjadi Bupati Jayapura. Kemudian ia juga pernah menjabatkepala seksi pembinaan umum masyarakat kantong sosial Kabupaten Jayapura.

"Hebatnya adalah ketika menjabat Bupati Jayapura, banyak pihak datang magang berguru kepadanya karena sukses melaksanakan Program Pemberdayaan Distrik (PPD) yang diubah menjadi Program Pemberdayaan Distrik dan Kampung (PPDK)," ucapnya.

Sementara itu pasangannya, cawagub John Wempi Wetipo pernah dua kali menjabat sebagai Bupati Jayawijaya. Mereka memperkenalkan tagline kampanye Papua Cerdas. "Belajar dari strategi Papua oleh Bung Karno, jadi merasa selalu manusia Papua itu harus cerdas," kata Megawati.

Megawati mengatakan, Sepak terjang Wempi selama menjabat sebagai bupati antara lain pernahmenerima penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi terhadap Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), kemudian juga menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan atas penilaian tertinggi dari BPK terkait pengelolaan keuangan Kabupaten Jayawijaya pada tahun 2017.

"Inisiator sekaligus deklarator Festival Budaya Baliyem yang diselenggarakan setiap tahun jelang HUT RI. Kegiatan ini membuat melonjaknya arus wisatawan asing ke Lembah Baliyem," ujar Megawati.

Dengan diusungnya pasangan calon gubernur dan wakil gubernur tersebut Megawati berharap keduanya bisa menjadi pemimpin di Papua, dan mempercepat pembangunan Papua di dalam bidang pendidikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement