Sabtu 30 Dec 2017 18:33 WIB

Satu Pasien Difteri di Garut Masih Dirawat Intensif

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ratna Puspita
Ilustrasi Antisipasi Difteri.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi Antisipasi Difteri.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Seorang pasien positif difteri berinisial SYD (25) menjalani perawatan intensif di RSU Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat, sejak Rabu, 27 Desember 2017. SYD tercatat sebagai warga Jalan Cimanuk, Muara Sanding, Kecamatan Garut Kota.

"Pasien kini sudah masuk ruang isolasi ruangan Puspa untuk mendapatkan perawatan secara intensif," kata juru bicara RSU dr Slamet Garut Muhammad Lingga Saputra pada wartawan, Sabtu (30/12).

Total jumlah penderita difteri yang meninggal dunia di Kabupaten Garut menjadi lima orang. Total kasus difteri sepanjang 2017 mencapai 19 kasus dengan persebaran di 17 kecamatan. 

Sebelumnya, kasus meninggal dunia yang disebabkan penyakit difteri di Kabupaten Garut, Jawa Barat kembali terjadi. Kali ini menimpa pasien difteri yang hamil tua, EC (34 tahun). EC sempat dirawat di RSU Slamet Garut hingga meninggal dunia.

"Pasien meninggal sekitar pukul 00.20 WIB Sabtu dini hari tadi," kata dia. 

Lingga menyebut pasien EC mulai dirawat di ruang perawatan bedah pada Jumat siang. Mulanya, pasien diketahui hamil tua dan bersiap menuju ruang perawatan bedah untuk dilakukan operasi caesar. Tetapi setelah di ruang bedah, hasil observasi medis menyatakan pasien positif menderita difteri.

“Proses operasi (kelahiran anaknya) pun batal dilakukan. Pasien kemudian dipindah ke ruang isolasi khusus difteti untuk mendapatkan perawatan lebih intensif," ujarnya.

Namun, nyawa pasien asal Kampung Babakan Sari, Kecamatan Limbangan, Garut itu tidak berhasil diselamatkan. "Setelah pasien dimandikan rumah sakit untuk menghilangkan virus, jenazah langsung dibawa pihak keluarga," ucapnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement