Selasa 26 Dec 2017 00:50 WIB

4.000 Orang Berkunjung ke Wisata Umbul Ponggok

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Budi Raharjo
Warga memadati objek wisata Umbul Ponggok, di Desa Wisata Ponggok, Klaten
Foto: Kemenpar
Warga memadati objek wisata Umbul Ponggok, di Desa Wisata Ponggok, Klaten

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Direktur Utama BUMDes Tirta Mandiri Ponggok, Solo, Joko Winarno, mengungkapkan pengunjung yang naik sebesar 80 persen di Hari Libur Natal dan Rahun Baru. Sejak Jumat (22/12) hingga hari ini (25/12), kenaikan pengunjung mencapai ribuan pengunjung.

"Di Sabtu Minggu kemarin hampir tembus 4000 pengunjung," katanya saat dihubungi Republika.co.id, Senin (25/12). Perkiraannya sampai akhir tahun ini berbarengan libur sekolah, pengunjung akan meningkat lagi.

Antisipasi yang dilakukan untuk menanggulangi membludaknya pengunjung diutamakan adalah keamanan dan lahan parkir. Lahan parkir yang terbatas membuat desa Ponggok bekerja sama dengan desa sekitarnya yang juga dekat dengan lokasi wisata.

Wisata air Umbul Ponggok, ada karena inisatif kepala desa dalam pemanfaatan sumber air yang melimpah di desa itu. Di setiap jengkal desa dengan enam Rukun Warga (RW) itu, ada mata air. Dari situ, Kepala Desa, Ponggok, Juneidi mengambil potensi yang ada pada desa Ponggok, kecamatan Klaten, Surakarta, Solo, Jawa Tengah.

Pada awal tahun 2018 nanti, wisata air Umbul Ponggok akan menyediakan wahana baru bernama Ponggok Adventure Warior. Sebelumnya, di Umbul Ponggok, pengunjung dapat berfoto di dalam air dengan menggunakan aksesoris seperti motor vespa, set tv, bergaya Snorkling, dan lain sebagainya.

Harga tiket-nya pun terbilang murah. Untuk dapat masuk wahana, pengunjung cukup membayar Rp 15 ribu dan sewa peralatan seperti pelampung dan alat snorkling Rp 30 ribu. Jika pengunjung ingin berfoto bersama aksesoris di dalam air, pengunjung hanya perlu membayar jasa sewa alat sebesar Rp 100 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement