Ahad 24 Dec 2017 17:38 WIB

Pengamat: Moreno Wakil Generasi Milenial Untungkan Gerindra

Rep: Santi Sopia/ Red: Bilal Ramadhan
Moreno Suprapto
Foto: Republika/Edwin
Moreno Suprapto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Politik LIPI Siti Zuhro menilai ada peluang Moreno Suprapto yang diusung Gerindra di Pilgub Jatim 2018. Siti melihat apabila Moreno maju sebagai Cagub/Cawagub, posisinya yang masih muda dan mewakili generasi milenial bisa menguntungkan.

"Notabene mewakili generasi muda, zaman now bisa jadi menguntungkan dan menyempurnakan dan menggenapkan kemenangan dalam pilkada," kata Siti, Ahad (24/12).

Terlebih, menurut Siti, jumlah pemilih muda cukup signifikan di Pilgub Jatim. Jatim merupakan daerah pemilihan mantan pembalap F3 itu. Moreno menjadi anggota dewan didukung oleh konstituen Jatim.

Siti melihat wajar kalau Gerindra cukup puas mengusung Moreno. Kendati, pengalaman Moreno sebagai anggota legislatif pusat belum panjang, baru tiga tahun. "Wajar kalau Gerindra cukup puas kalau posisi Cawagub mendampingi kang Yoto yang diusung PAN," kata dia.

Meskipun Gerindra dan PAN, menurutnya, bukan partai besar di Jatim, realitas politik dan studi empirik menunjukkan bahwa kemenangan dalam pilkada lebih ditentukan calon ketimbang partai. Posisi dan peran parpol adalah menggenapkan kemenangan calon.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement