Senin 18 Dec 2017 22:13 WIB

Trans Patriot akan Gunakan Trayek yang tak Dilewati Angkot

Rep: Farah Noersativa/ Red: Karta Raharja Ucu
Uji coba bus Trans Patriot di Bekasi, Senin (18/12).
Foto: Republika/Farah Noersativa
Uji coba bus Trans Patriot di Bekasi, Senin (18/12).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Direktur Utama Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PD MP), Tubagus Hendra Suherman mengakui pihaknya saat ini sedang dilakukan audit dan uji kelayakan untuk pengelolaan bus Trans Patriot di Kota Bekasi. PD MP pun telah menyiapkan beberapa program untuk penyediaan transportasi umum di Kota Bekasi.

"Tujuannya itu adalah bisa melayani masyarakat Kota Bekasi dengan penyediaan transportasi yang terintegrasi dan juga murah," kata Hendra kepada Republika.co.id, Senin (18/12).

Namun, ia sendiri masih belum bisa memastikan apakah PD MP nantinya akan jadi ditunjuk atau tidak kepada perusahaannya. Namun ia menegaskan, pihaknya telah siap bila nantinya PD MP benar jadi ditunjuk Pemkot Bekasi sebagai perusahaan pengelola bus Trans Patriot.

Dengan percaya diri, sebagai pemain lama yang telah berada di lapangan bisnis transportasi di Kota Bekasi, ia telah memahami Kota Bekasi. "Paling tidak kami telah mengetahui bagaimana manajemen transportasi yang benar," katanya.

Sebab, menurutnya, Kota Bekasi yang sangat padat dan macet ini membutuhkan transportasi yang memang bisa membawa masyarakat secara massal. "Hanya saja perlu sosialisasi yang baik agar tidak bersinggungan dengan kepentingan angkot-angkot yang sudah ada," ujarnya.

(Baca juga: Trans Patriot Resmi Diuji Coba di Kota Bekasi)

Karena itu, ia mengatakan, setelah berkoordinasi dengan Dishub Kota Bekasi, jalur atau trayek pengoperasian Bus Trans Patriot masih menggunakan trayek yang tak ada angkot. "Kemungkinan besar masih melayani track yang tak bersinggungan dengan angkot," katanya.

Ia pun kembali menegaskan akan siap mengoperasikan bila memang Pemkot Bekasi menyerahterimakan pengelolaan Trans Patriot kepada pihaknya. "Kami sudah siap bila memang diberikan kepada kami," tegasnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi saat ini masih mengaudit Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang akan mengoperasikan bus Trans Patriot di Kota Bekasi. BUMD itu adalah Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PD MP).

Kepala Bidang Pengembangan Perhubungan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, M. Solikhin menegaskan pengoperasian bus Trans Patriot masih menunggu penunjukkan BUMD sebagai pengelola. Kita akan operasikan Bus Trans Patriot kalau BUMD yang ditunjuk, yang sekarang posisinya sedang dilakukan audit dan studi kelayakan, itu sudah oke, ujar Solikhin kepada Republika.co.id, Senin (18/12).

(Baca Juga: Pemkot Bekasi Masih Kaji BUMD Pengelola Trans Patriot)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement