Senin 18 Dec 2017 19:31 WIB

Pemkot Depok Bantu Dana Penguatan Kinerja RT dan RW

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Walikota Depok Mohammad Idris
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Walikota Depok Mohammad Idris

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menyerahkan Dana Penguatan Kinerja Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Tahun 2017 untuk empat kecamatan, yaitu Kecamatan Beji, Pancoran Mas, Cilodong, dan Cipayung di Balai Kota Depok, Senin (18/12).

Wali Kota Depok Mohammad Idris menyerahkan secara simbolis Dana Penguatan Kinerja tersebut. "Kami berharap bantuan dana ini dapat membantu kinerja RT, RW, dan LPM dalam melayani masyarakat," ujar Idris.

Idris juga berharap kepada para ketua RT, RW, dan LPM untuk membantu Pemkot Depok terkait pembangunan. Selain itu juga menumbuhkan semangat dan jiwa gotong royong di masyarakat.

"RT, RW, dan LPM itu harus menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan, jadi bukan yang malah mengawasi jalannya pemerintahan di kecamatan maupun kelurahan," jelas Idris.

Menurut Idris, ketua RT dan RW memiliki peran strategis dalam membantu pelayanan dan menjadi bagian pembangunan yang menjadi tanggung jawab pemerintah. "Terus beri semangat warga untuk bersama-sama pemerintah membangun Kota Depok sehingga dapat mewujudkan kota yang unggul, nyaman, dan religius," katanya.

Camat Cipayung Asep Rahmat mengatakan, saat ini terdapat 338 RT, 53 RW, dan 5 LPM di wilayahnya. Untuk RT besaran dana optimalisasi yaitu Rp 120 ribu per bulan, RW Rp 150 ribu per bulan, dan LPM sebesar Rp 200 ribu yang dibayarkan per enam bulan. "Saya berharap keberadaan para RT, RW, dan LPM dapat menjadi sarana penyambung komunikasi yang efektif antara warga dan pemerintah," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement