Jumat 08 Dec 2017 19:31 WIB

Jelang Musim Banjir, PLN Disjaya Tingkatkan Pasokan Pompa

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Gedung PLN
Foto: Republika/Musiron
Gedung PLN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya, M. Iksan Asaad menjelaskan untuk bisa memastikan pompa pompa air penyedot air banjir berjalan dengan baik, PLN Disjaya akan melakukan peningkatan pasokan agar listrik untuk menggerakan pompa air terjamin.

Asaad mengatakan pasokan listrik tersebut untuk menunjang rumah-rumah pompa utama yang dibangun Pemerintah DKI Jakarta, seperti di Gedung Pompa Cideng, Waduk Pluit,Rumah Pompa Pasar Ikan, dan Pompa Air Ancol Barat Martadinata, Pompa Lodan, dan Waduk Setiabudi.

"Pemda DKI Jakarta meminta agar rumah-rumah pompa tersebut dapat berfungsi dengan baik saat banjir datang, sehingga proses pemulihan banjir dan pasokan listrik dapat dilaksakan dengan cepat," ujar Asaad di Restoran Aroma Sedap, Jumat (8/12).

Asaad menjelaskan Kehandalan pasokan jaringan listrik Rumah-rumah Pompa ini sekarang diperkuat dengan pemasangan Automatic Change Over (ACO) di gardu distribusi dalam jaringan listrik tersebut. ACO ini berfungsi untuk penggantian pasokan daya listrik secara otomatis jika pasokan utama mengalami gangguan saat terkena banjir sehingga air tidak dapat mengalir sampai ke gardu distribusi tersebut.

Lalu, Perkuatan kedua adalah dilengkapi fasilitas remote yang dapat di operasikan dari Distribution Control Center. Selain itu, PLN Distribusi Jakarta Raya juga melakukan upaya-upaya peninggian 252 gardu distribusi.

"Selain itu ini merupakan alternatif bagi pasokan energi stasiun pompa sehingga stasiun pompa bisa terus beroperasi untuk menyalurkan air agar tidak meluap dan menimbulkan banjir," ujar Asaad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement