Sabtu 02 Dec 2017 10:53 WIB

26 Toilet Umum Disiapkan untuk Kegiatan Reuni 212

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Andi Nur Aminah
Sejumlah peserta Reuni 212 menggunakan fasilitas toilet umum yang disiapkan Pemkot DKI di Lapangan Monas, Sabtu (2/12)
Foto: Zahrotul Oktaviani/Republika
Sejumlah peserta Reuni 212 menggunakan fasilitas toilet umum yang disiapkan Pemkot DKI di Lapangan Monas, Sabtu (2/12)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 26 toilet umum disiapkan bagi peserta yang menghadiri kegiatan Reuni 212 di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, hari Sabtu (2/12). Toilet-toilet ini disiapkan tidak hanya oleh pemerintah provinsi (pemprov) DKI Jakarta tetapi juga bantuan dari pihak swasta.

"Dari pemprov itu 11 bus toilet, empat toilet bentuk kontainer. Ada juga bantuan dari swasta 11 toilet. Modelnya mereka mobil box," ujar Ali Darmawan salah satu driver bus toilet milik pemprov kepada Republika.co.id di kawasan Monas, Sabtu (2/12).

Bus toilet umum ini sudah disiapkan oleh petugas sejak Sabtu dini hari atau bersamaan dengan mulainya kegiatan Reuni 212. Toilet-toilet umum tersebut disebar di berbagai titik di lingkungan dalam Monas.

Menurut Ali, beberapa bus toilet VIP diletakkan di dekat panggung. Bus tersebut disiapkan khusus bagi ulama dan ustaz maupun panitia dan peserta yang berada di dekat panggung agar tidak berjalan jauh. "Ini khusus disiapkan kalau ada acara atau kegiatan di Monas. Kalau biasanya enggak ada. Soalnya di dalam Monas sendiri kan sudah ada yang permanen empat toilet," ucap Ali.

Dari pantauan Republika.co.id, sebanyak tiga bus toilet dan satu toilet umum berbentuk kontainer disiapkan di pintu masuk Monas yang terletak didekat Stasiun Gambir. Keempat toilet umum yang disediakan ramai antrean peserta Reuni 212 yang akan menggunakan fasilitas tersebut.

Kegiatan reuni 212 sendiri telah berlangsung sejak dini hari tadi dengan diawali kegiatan Shalat Tahajud bersama. Hingga pukul 10.30 WIB berita ini dibuat, di panggung utama masih terdapat kegiatan sambutan serta zikir atau doa bersama dari berbagai ulama dan ustaz dari seluruh wilayah Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement