Jumat 01 Dec 2017 11:29 WIB

Puluhan Bus dari Ciamis akan Berangkat Ikuti Aksi Reuni 212

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andi Nur Aminah
Ratusan peserta Aksi 212 yang berasal dari Ciamis (ilustrasi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Ratusan peserta Aksi 212 yang berasal dari Ciamis (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Massa dari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat berencana mengikuti aksi Reuni 212 di Lapangan Monas pada Sabtu (2/12). Diperkirakan 30 bus akan membawa massa dari seluruh penjuru Ciamis.

Koordinator Keberangkatan Ustaz Dede mengatakan keberangkatan akan dilangsungkan pada Jumat, (1/12) sore. Namun rombongan keberangkatan tak difokuskan di satu titik saja, melainkan terpisah per masing-masing Kecamatan. "Berangkat ba'da Ashar cuma pemberangkatan disebar tiap kecamatan, tidak disatukan," katanya pada Republika.co.id, Jumat (1/12).

Ia memperkirakan massa yang ikut serta dalam aksi reuni ini mampu mencapai seribuan orang lebih. Massa berasal dari pondok pesantren, ormas Islam dan masyarakat Ciamis. Nantinya mereka berangkat menggunakan sekitar total 30 bus. "Estimasi bisa sampai seribuan, misal satu bus 50 orang saja tinggal dikalikan total 30 bus," ujarnya.

Diketahui, massa dari Ciamis terkenal ketika menggelar aksi jalan kaki dari Ciamis ke Jakarta guna mengikuti Aksi 212 tahun lalu. Mereka memilih berjalan kaki usai dipersulit saat ingin menggunakan kendaraan umum. Namun untuk mengikuti aksi Reuni 212 kali ini, mereka tak lagi berjalan kaki.

"Kalau dulu jalan kaki dijegal, sekarang ada kendaraan ya pakai yang ada saja, kan harus ada alasan juga jalan kaki. Ngapain jalan kaki, kalau bus ada," ucapnya.

Dalam aksi Reuni 212 di Monas nanti, ia hanya berharap keberkahan bagi Indonesia. Ia memastikan aksi Reuni 212 merupakan pengajian saja. "Harapan aksi Reuni 212 menunjukan indahnya kebersamaan, mudah-mudahan Indonesia makin berkah, di sana bukan mau apa-apa tapi pengajian," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement