Rabu 29 Nov 2017 01:08 WIB

Festival Relawan Nasional 2017 Diisi Sejumlah Kegiatan

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Hazliansyah
Para penyelenggara dan pendukung acara Festival Relawan Nasional yang akan digelar di Gandaria City Mall, Jakarta, pada Ahad, 10 Desember 2017.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Para penyelenggara dan pendukung acara Festival Relawan Nasional yang akan digelar di Gandaria City Mall, Jakarta, pada Ahad, 10 Desember 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Festival Relawan Nasional 2017 akan digelar pada 10 Desember 2017 mendatang. Festival ini merupakan wujud apresiasi terhadap seluruh relawan di Indonesia dalam berbagai bidang. Sekaligus menjadi ajang kolaborasi, berjejaring dan saling berbagi inspirasi.

Marrita Hastuti, perwakilan Tim Aksi Baik selaku penyelenggara mengatakan, Festival Relawan Nasional yang dihelat untuk kedua kalinya merupakan puncak dari Bulan Relawan Nasional yang berlangsung selama Desember. Pasalnya, terdapat dua peringatan penting terkait kerelawanan pada bulan terakhir dalam setahun itu.

Momen pertama yaitu hari relawan internasional pada 5 Desember dan hari relawan nasional pada 26 Desember ketika banyak relawan terjun membantu di lokasi bencana tsunami Aceh 2004.

"Diharapkan tim dapat menggalang dukungan agar pemerintah menetapkan secara resmi Desember sebagai bulan relawan nasional," ujar Marrita, Selasa (28/11).

Pada festival mendatang, terdapat pameran dari puluhan organisasi sosial yang menunjukkan banyak dan beragamnya para relawan di Indonesa. Selain itu, akan ada diskusi panel dari sederet pembicara, ekshibisi foto, kelas keterampilan, penggalangan donasi, dan penampilan musik.

"Tidak hanya pada puncak acara, kegiatan kerelawanan lain telah dan sedang kami lakukan hingga akhir Desember. Terdapat 71 aktivitas sosial yang melibatkan 67 organisasi sosial di tujuh kota. Ini semua adalah selebrasi para relawan, menunjukkan indah dan serunya menjadi relawan," ujar Marrita.

Ia menyampaikan, warga Jakarta maupun kota lain di Indonesia disilakan datang dengan terlebih dahulu melakukan registrasi di situs resmi Bulan Relawan Nasional. Pengunjung yang hendak mendonasikan baju bekas atau buku anak dapat membawanya saat festival dan akan disalurkan oleh sejumlah komunitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement