Kamis 23 Nov 2017 18:39 WIB

Satu Titik Longsor Lagi Tersisa di Jalur KA Rute Selatan

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi rel kereta api.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ilustrasi rel kereta api.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) bersama masyarakat terus berupaya membersihkan material longsor yang menimpa sejumlah titik di Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Alat berat pun ikut diterjunkan.

Manaje Humas Daop 2 PT KAI Joni Martinus mengatakan mulanya terdapat delapan titik longsor yang dilaporkan menghambat Kereta Api (KA) rute selatan sejak Rabu, (22/11) malam. Namun jumlahnya terus berkurang seiring pembersihan yang dilakukan.

"Penanganan longsor tinggal satu titik lagi yaitu di kilometer 231," katanya kepada Republika.co.id, Kamis (23/11).

Terdapat empat alat berat berupa beko yang diperbantukan dalam proses pembersihan ini. Beko tersebut berasal dari Bandung dan Tasikmalaya. Beko ini terhubung dengan kereta sebagai pengangkutnya hingga mudah dibawa ke jalur KA yang mengalami longsor.

Berdasarkan prediksi terakhir, KA baru bisa melintas paling lambat sekitar pukul 23.00 WIB. Tetapi dengan pengerahan banyak beko, proses pembersihan akan lebih cepat.

"Estimasi pekerjaan yang direncanakan paling lambat pukul 23.00 WIB dimajukan menjadi jam 19.30 WIB. Artinya lokasi longsor akan bisa dilalui kereta lebih kurang jam 19.30 WIB," ujarnya.

Ia memperkirakan KA Malabar akan menjadi KA pertama yang melewati rute selatan usai tuntas dibersihkan.

"Adapun KA pertama yang sudah berangkat normal atau tidak memutar adalah KA Malabar tujuan Malang. Berangkat dari stasiun Bandung jam 15:45 WIB," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement