Kamis 23 Nov 2017 07:55 WIB

Unila Dapat Hibah Lahan Seluas 150 Hektare

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Ratna Puspita
Universitas Lampung (Unila).
Universitas Lampung (Unila).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG — Universitas Lampung (Unila) mendapat hibah lahan seluas 150 hektare (ha) untuk dibangun di Kota Baru, Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan. Penghibahan lahan agar  jumlah mahasiswa dan program studi Unila semakin bertambah sehingga membuat perguruan tinggi negeri di Lampung berdaya saing secara nasional.

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo telah menyerahkan secara simbolis Keputusan Penghibahan barang milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berupa lahan seluas 150 ha kepada Unila. Keputusan Gubernur Lampung Nomor: G/424/B.07/HK/2017 tentang Hibah Barang Milik Pemprov Lampung menyebutkan hibah berupa tanah yang terletak di Kawasan Pusat Pemprov Kota Baru Kecamatan Jatiagung.

"Penyerahan tanah ini sebenarnya sebagai awal, bukan kemudian ini selesai begitu saja. Setelah ini kita harus sama-sama merunding kepada Bappenas, lalu Kemenristekdikti untuk ini cepat dibangun, agar Universitas Lampung bisa memperbesar kapasitasnya, kata Gubernur Ridho dalam keterangannya yang diterima Kamis (23/11). 

Menurut dia, saat ini Pemprov Lampung berupaya agar banyak anak Lampung yang bisa dididik di perguruan tinggi negeri. Sebab, masih banyak anak yang belum mengeyam pendidikan yang lebih baik, selanjutnya secara bertahap meningkatkan kualitas pengajar. 

Ridho menyampaikan hal tersebut menjadi perhatian dirinya untuk terus memperhatikan masalah pendidikan di Provinsi Lampung. Walaupun universitas ini adalah urusan vertikal, dia mengungkapkan, menjadi kewajiban moral baginya untuk membantu pengembangannya dan memperbesar kapasitas untuk meningkatkan kualitas. 

Karena dari semua Universitas yang ada, dan universitas yang menjadi lokomotif dan penjuru di Lampung ini adalah Universitas Lampung. Ia mengatakan upaya mempersiapkan daerah Lampung bukan hanya dari sisi pembangunannya yang kasat mata. 

Dia menambahkan sisi SDM juga menjadi esensi dari hakekat pembangunan Indonesia. “Saya tidak ingin selesai menjadi gubernur yang pembangunannya maju dan berkembang tetapi kemudian anak-anak kita menjadi tersingkir," ujarnya.

Rektor Unila Prof Hasriadi Mat Akin mengapresiasi bantuan Pemprov Lampung tersebut untuk kemajuan Unila. Ke depan, lahan tersebut segera dibangun untuk melengkapi fasilitas Unila di Kota Baru.

Hasriadi mengatakan, kebutuhan pengembangan Unila sangat dibutuhkan karena perguruan tinggi di Lampung ini sekarang sudah berada pada jajaran elite perguruan tinggi di Indonesia. Unila saat ini memiliki mahasiswa lebih dari 30 ribu orang dan bakal bertambah terus. 

Dalam waktu dua sampai tiga tahun ke depan, ia memprediksi akan bertambah menjadi 35 ribu mahasiswa karena ada enam program studi yang masih baru. “Dari hasil yang dilakukan Kemenristekdikti, Unila menjadi perguruan tinggi terbaik ke-18 dari 4.500 perguruan tinggi di Indonesia," katanya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement