Senin 06 Nov 2017 13:52 WIB

Pantau Persiapan Gedung Pernikahan Kahiyang, Ini Kata Luhut

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nur Aini
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Panjaitan
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Panjaitan

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Sekretaris Negara, Pratikno mengunjungi Graha Saba Buana pada Senin (6/11) siang. Kedatangan keduanya untuk memantau sejumlah persiapan di gedung yang akan dijadikan tempat berlangsungnya pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution yang akan dilaksanalan pada Rabu (8/11).

Luhut meninjau seluruh bagian gedung Graha Saba. Menurutnya, masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki terkait persiapan pada saat akad nikah dan resepsi nanti.

"Ada yang perlu diperbaiki, tapi over all semua selesai. Karenakan mengatur agar semuuanya berjalan dengan baik, karena kan waktunya singkat, jadi dari mulai ijab kabul, salam salaman, dan foto," katanya.

Menurutnya terdapat perbedaan antara pernikahan Kahiyang dengan kakanya Gibran Rakabuming pada 2015. Hal itu terutama dari prosesi ijab kabul. Meski begitu, Luhut tak merinci perbedaan konsep pernikahan dua anak presiden Jokowi itu. "Ada perbedaan sedikit dari ijab kabul, dulu lebih besar," tuturnya.

Luhut meninjau gedung Graha Saba dari pukul 10:00 WIB sampai pukul 13:00 WIB. Selain dua menteri tersebut, Panglima Kostrad Letjen, Edy Rahmayadi juga meninjau Graha Saba.

Sementara itu dari pantauan Republika.co.id di sekitar Jalan Letjen Suprapto atau tepat di depan gedung Graha Saba Buana, aparat pengamanan terus berjaga-jaga. Selain itu, tenda dan dekorasi luar gedung mulai disiapkan hari ini. Tenda juga telah dipasang di gang masuk menuju rumah Jokowi. Panitia kembali menggelar gladi iring-iringan kereta kuda yang akan membawa mempelai pria.

Pernikahan putri Jokowi, Kahiyang dan Bobby akab berlangsung 8 November. Namun, sehari sebelumnya, kedua pasangan tersebut akan menjalani serangkaian prosesi adat Jawa yakni siraman dan midodareni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement