Kamis 02 Nov 2017 15:43 WIB

SMRC: Deddy Mizwar Penantang Kuat Emil di Pilgub Jabar 2018

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Andri Saubani
Dua Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar
Foto: Republika/Mardiah
Dua Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan, Ridwan Kamil memiliki potensi terbesar untuk memenangkan Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018. Dalam pertanyaan spontan (top of mind) yang diperoleh dari 820 responden, membuktikan 16,8 persen pemilih mendukung Ridwan Kamil.

Jika dibandingkan dengan calon lainnya, Deddy Mizwar berada pada posisi kedua, dengan memperoleh 3,8 persen. Dedy Mulyadi di posisi ketiga 2,2 persen dan Abdullah Gymnastiar sebesar 1,5 persen. Sementara nama-nama lainnya masih dibawah 1 persen. Survei dilakukan 27 September-3 Oktober 2017 terhadap 820 responden di Jawa Barat, dengan metode multi-stage random sampling dengan margin of error 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Namun, dari hasil survei tersebut, masih terdapat 70,5 persen warga yang belum bisa menentukan pilihan secara spontan atau tanpa diperlihatkan daftar nama calon. Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan mengatakan, Deddy Mizwar merupakan penantang terkuat dari Ridwan Kamil.

"Di semua simulasi, Deddy Mizwar mendapat dukungan berkisar 3,8 sampai 59,9 persen. Selisih dukungan Deddy Mizwar dan Ridwan Kamil di semua simulasi berkisar antara 11,3 sampai 19,5 persen," katanya kepada wartawan di Gedung SMRC, Jakarta, Kamis (2/11).

Dilihat dari tingkat kesukaan warga terhadap empat sosok calon yang akan maju dalam Pilgub Jabar nanti, Ridwan Kamil masih memperoleh angka tertinggi. Hasil survei menunjukkan 77 persen warga mengenal Ridwan Kamil dan 92 persen diantaranya mengaku menyukai Ridwan Kamil, dari kandidat lainnya.

Djayadi menambahkan, tingkat kesukaan masyarakat yang tinggi, dapat menjelaskan keunggulan elektabikitas dari Ridwan Kamil. "Ini berarti Ridwan Kamil memiliki peluang menambah dukungan lebih besar dengan hanya meningkatkan popularitasnya," tambahnya.

Namun, calon gubernur yang sudah memenuhi syarat 20 kursi untuk maju dalam Pilgub Jabar 2018 nanti, baru diperoleh oleh Emil. Emil sendiri telah memperoleh 21 kursi di DPRD Jabar yang didapat dari dukungan PPP sembilan kursi, PKB tujuh kursi dan NasDem 5 kursi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement