Sabtu 21 Oct 2017 18:34 WIB

Puluhan Siswa Kesurupan Sebelum Masuk Kelas

Siswa kesurupan.   (ilustrasi)
Foto: Antara
Siswa kesurupan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, RENGAT -- Sebanyak 30 pelajar dan seorang guru SMPN 3 Peranap Kabupaten Indragiri Hulu, Riau mengalami karasukan dan tidak sadarkan diri sebelum proses belajar mengajar dimulai.

"Siswa sebanyak 29 dan siswi satu orang, peristiwa itu terpaksa didatangkan seorang tenaga ahli untuk mengatasinya," kata Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Peranap, Putra Indra di Rengat, Sabtu (21/10).

Ia mengatakan, semua guru yang ada di sekolah tersebut dan siswa sempat kaget dan nyaris menghentikan proses belajar- mengajar saat kejadian. Semua konsentrasi pada peristiwa tersebut dan sebahagiaan sibuk mencari solusi.

Kepala UPT Disdikbud Kecamatan Peranap, Putra Indra, mengatakan, pada Kamis (19/10), terjadi peristiwa yang aneh, banyak siswa kesurupan hingga tidak sadarkan diri. Hal ini membuat proses belajar mengajar sedikit terganggu dan buat heboh masyarakat setempat. "Mereka mulai kesurupan sebelum masuk ke ruang kelas," sebutnya.

Menurutnya, saat kejadian, karena situasi panik, pihak sekolah memberi tahukan peristiwa itu kepada para wali murid serta mendatangkan orang mengerti hal itu untuk mengatasi kesurupan tersebut. Prosesi pengobatan dilaksanakan dibantu sejumlah guru.

Akhirnya sekitar pukul 11.00 WIB para pelajar dan 1 orang guru yang kesurupan berhasil disadarkan kembali. Sesuai dengan kesepakatan pihak sekolah menggelar acara pembacaan surat Yasin dan proses penetralisir di sekolah tersebut agar pristiwa tidak terulang lagi.

Putra Indra juga mengungkapkan bahwa peristiwa kesurupan ini sebenarnya sudah sering terjadi dilingkungan SMPN 3 Peranap, akan tetapi kesurupan kali inilah yang jumlahnya paling banyak.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement