Kamis 19 Oct 2017 23:30 WIB

Hujan Deras dan Tanah Longsor Timpa Rumah Warga di Cisarua

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Elba Damhuri
Longsor (Ilustrasi)
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Longsor (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CISARUA -- Sebuah rumah milik Nanang Permana (36) di Kampung Pasirlangu, RT 06 RW 01, Desa Pasirlangu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, mengalami rusak berat di bagian dapur akibat tanah longsor, Kamis (19/10). Penyebabnya, hujan deras yang terjadi sejak pukul 16.30 WIB mengakibatkan tanah longsor.

Camat Cisarua, Nani Rida Riyani, membenarkan kejadian tersebut yang berlangsung tadi sore. Sebelum longsor terjadi, jelas Nani, sudah terdapat retakan-retakan di sekitar rumah.

"Tim BPBD, Tagana dan Kepala Desa sedang di lokasi memantau dan memastikan apakah longsor terjadi karena pergeseran tanah atau bangunannya tidak memadai," ujarnya.

Beruntungnya, kata Nani, dalam kejadian tersebut tidak ada korban. Selain itu, kerugian material sendiri akibat longsor masih dihitung.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, longsor satu unit rumah diperkirakan akibat curah hujan deras selama tiga jam dari pukul 10.00 s.d 12.00 WIB dan kondisi tanah yang labil. Selain itu antisipasi dilakukan kepada satu unit rumah milik Wawan Suhendi (44) yang sudah mengalami retak akibat getaran longsor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement