Selasa 17 Oct 2017 13:08 WIB

Pendidikan Dasar Alam Bebas UKM Calandra tak Perlu Kekerasan

Anggota baru UKM Calandra Advanture antusias mengikuti pelatihan dasar.
Foto: Dok BSI
Anggota baru UKM Calandra Advanture antusias mengikuti pelatihan dasar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kegiatan alam bebas, selain sebuah hobi, juga mempunyai tujuan dalam membentuk kekuatan fisik, karakter, maupun inteligensi seseorang. Sudah semestinya dalam kegiatan tak perlu adanya kekerasan untuk membentuk hal tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pecinta alam perguruan tinggi Bina Sarana Informatika (BSI) yang bernama Calandra Advanture. UKM tersebut memberikan pendidikan dasar kepada anggota baru  tanpa kekerasan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di kampus ASM BSI Jakarta, Jalan Jatiwaringin Raya nomor  18, Sabtu (14/10).

Kegiatan yang dihadiri 30 anggota baru UKM Calandra Adventure ini menghadirkan Saiful sebagai tutor kegiatan pendidikan dasar.

Dalam pembekalannya Bang Saiful -- panggilan akrabnya -- yang juga pengurus angkatan pertama UKM Calandra sangat mengapresiasi antusiasme  anggota baru yang hadir.

“Anggota baru di semester ini terlihat sangat antusias dan semangat saat mengikuti kegiatan pendidikan dasar. Ada beberapa di antara para anggota baru yang sudah terbiasa menjadi pecinta alam sejak duduk di SMA,” ujar Saiful.

Salah satunya Lukman. Anggota baru UKM Calandra Adventure itu  sangat senang dapat bergabung dalam UKM Calandra Adventure.

“Sejak SMA saya memang gemar naik gunung bersama teman-teman sekolah, dan saat masuk kuliah di BSI ternyata di BSI  ada UKM pecinta alam. Tanpa pikir panjang langsung saya mendaftar untuk menjadi anggota,” tutur Lukman.

Wakil Ketua UKM Calandra Advanture Firman mengatakan, kegiatan ini merupakan awal rangkaian kegiatan pembekalan bagi anggota baru untuk mengenal lebih dalam lagi tentang UKM Calandra.

Menurutnya, dalam pelaksanaan pendidikan dasar yang terbagi dalam beberapa tahap, UKM Calandra selalu berupaya tidak menggunakan kekerasan dalam membetuk ketahanan fisik maupun mental.

“UKM Calandra Adventure memiliki aturan dalam melakukan pendidikan dasar. Sehingga, kekerasan pada saat pendidikan dasar dapat terhindari, walaupun ada latihan pembentukan ketahanan fisik maupun mental yang harus dimiliki oleh anggota UKM Calandra Adventure,” kata Firman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement