Kamis 26 Oct 2017 10:51 WIB

Mahasiswa ASM BSI Bandung Dibekali Perencanaan Berkarier

ASM Bandung menyelenggarakan seminar karir bagi mahasiswanya sebelum lulus kuliah.
Foto: Dok BSI
ASM Bandung menyelenggarakan seminar karir bagi mahasiswanya sebelum lulus kuliah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pembekalan kemampuan dan keahlian bagi mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja kini menjadi semakin penting. Sebab, setelah lulus kuliah mahasiswa harus siap menghadapi persaingan antarpencari kerja yang saat ini tidak hanya berasal dari dalam negeri,  tetapi juga dari luar.

Hal ini menjadi tanggung jawab ASM BSI Bandung dalam menyiapkan lulusannya agar mampu bersaing di dunia kerja. Salah satu caranya, menyelenggarakan seminar karier bertempat di Ruang Pertemuan Kampus ASM BSI Bandung, Jalan Sekolah Internasional nomor 1-6 Antapani, Bandung, Senin (23/10).

Seminar yang mengusung tema ‘Strategi Dalam Pegembangan Karir’ ini diikuti oleh mahasiswa Program Studi Manajemen Perusahaan (Prodi MP) dan Program Studi Sekretaris (Prodi SK) ASM BSI Bandung. Seminar tersebut menampilkan Lukmanul Hakim,  Konsultan Karir BSI Career Center (BCC) sebagai pembicara.

“Tidak semua orang paham bagaimana cara merencanakan karier yang baik. Semua memiliki keinginan sukses berkarier, tetapi belum tentu  paham  menyusun strategi dan persiapannya,” kata Lukman.

Menurutnya, persiapan yang harus dimiliki  antara lain, mengenali minat, bakat dan tipe kepribadian diri sendiri sebelum merencanakan karir. Selanjutnya, mahasiswa dapat merencanakan berkarir sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. “Selain itu, yang paling penting adalah mengetahui peluang serta kesempatan kerja sesuai dengan kompetensi yang dimiliki,” kata Lukman.

Lukman menambahkan, memahami proses seleksi kerja juga sangat penting. Seperti pembuatan surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup yang dapat mewakili personal dan kemampuan diri, sehingga menarik dilihat oleh perusahaan. Tahap terakhir yakni, paham proses wawancara sebagai tahap penentu diterima atau tidaknya bekerja diperusahaan.

 “Jika persiapan tersebut diketahui dan dipahami  mahasiswa sebelum lulus kuliah, diharapkan mahasiswa dapat lebih siap bersaing dengan sumber daya manusia lainnya di dunia kerja,” kata Lukman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement