Senin 16 Oct 2017 21:13 WIB

Anies-Sandi Diminta Cepat Selesaikan Kemacetan Jakarta

Rep: Amri Amrullah/ Red: Andi Nur Aminah
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Kampung Melayu Besar, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (26/9).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Kampung Melayu Besar, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (26/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DPP Gerakan Muda Nurani Rakyat (Gemura) sayap partai pemuda partai Hanura menyambut gembira pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta baru, Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Menurut Gemura, salah satu persoalan kompleks di Jakarta yang harus diselesaikan adalah kemacetan.

Ketua DPP Gemura, Oktasari Sabil berharap kemacetan di Jakarta bisa diatasi dengan cepat, sesuai janji Anies-Sandi. "Kemacetan ibu kota semakin parah, bahkan berdampak pada kegiatan sosial ekonomi masyarakat," ujar politisi Hanura ini, Senin (16/10).

Ia menegaskan Gemura akan mengawal Anies-Sandi guna memastikan janji-janji politiknya kepada rakyat dapat dipenuhi. Ini, jelas dia, adalah komitmen Gemura yang sejak awal Pilkada DKI berbeda dukungan dengan Hanura. "Salah satunya Gemura mengusulkan kepada Anies-Sandi untuk menerapkan sistem ganjil genap di semua jalur di DKI, bukan hanya jalur-jalur tertentu seperti saat ini yang justru menimbulkan kemacetan yang semakin parah," paparnya.

Menurut Okta, jika sistem ganjil genap diberlakukan di seluruh jalur, bisa menekan kemacetan hingga 50 persen. "Saya kira ini salah satu terobosan jangka pendek yang cukup efektif yang bisa dilakukan," tegasnya.

Lebih lanjut, ia berharap penerapan ganjil genap nantinya tidak perlu lagi berpatokan pada plat nomor. Akan tetapi dibuat stiker khusus yang ditempel di setiap kendaraan.

Cara ini menurur dia, untuk mempermudah deteksi serta mencegah pemalsuan plat nomor. Jadi sebenarnya dengan cara ini masyarakat yang mempunyai mobil lebih dari satu tidak boleh keluar garasi ke jalur manapun. Sekarang warga Jakarta yang memiliki lima mobil pun bisa kemana saja, asal tidak melewati jalur khusus ganjil genap. Ini yang memicu penumpukan kendaraan pada jalur tersebut. "Sebuah kebijakan publik itu harus efektif, kalau tidak efektif untuk apa diberlakukan," imbaunya.

Ia pun menyambut baik konsep penanganan kemacetan yang pernah ditawarkan Anies-Sandi saat kampanye dulu. Walaupun apa yang ditawarkan sasarannya untuk jangka panjang, lebih pada peningkatan kualitas pelayanan transportasi publik. Gemura sejak awal mendukukung Anies-Sandi dalam Pilkada DKI, yang didasarkan pada keyakinan pasangan ini memiliki kapabilitas dan komitmen dalam melakukan perubahan di Jakarta.

"Sebagai Ketua Umum DPP Gemura beserta seluruh kader, saya mengucapkan selamat bagi Anies Sandi atas pelantikannya hari ini. Gemura sekali lagi akan tetap konsisten mendukung untuk mencapai 'Maju Kotanya Bahagia Wargagya'," jelas Oktasari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement