Senin 16 Oct 2017 09:49 WIB
Pelantikan Anies-Sandi

Sebelum Melantik Anies-Sandi, Jokowi Miliki Dua Agenda

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden Joko Widodo
Foto: EPA/Mick Tsikas
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo dijadwalkan untuk melantik Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Pelantikan ini akan diselenggarakan di Istana Negara, Senin (16/10), sekitar pukul 16.00 WIB.

Sebelum melaksanakan pelantikan, Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memiliki dua agenda yang tidak kalah pentingya. Pada pukul 09.00, Jokowi dan JK akan menerima perwakilan Delegasi Olympic Council of Asia (OCA).

Setelah kedatangan OCA, Jokowi kemudian akan menerima tamu kenegaraan dari Benua Afrika yakni Presiden Republik Niger, Mahamadou Issoufou. Kedatangan ini akan disambut layaknya tamu kenegaraan lain yang dilanjut dengan sesi foto, veranda talk, dan pertemuan bilateral.

Presiden Joko Widodo beserta Presiden Mahamadou Issoufou kemudian akan melakukan pernyataan pers bersama terkait kunjungan dan kerjasama bilateral. Usai itu Jokowi bakal menjamu rombongan dari Niger untuk makan siang bersama.

Sebelum melakukan pelantikan Anies dan Sandi, pekan kemarin Jokowi juga melantik Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono Xpada Selasa sore, 10 Oktober 2017. Acara pelantikan didahului dengan prosesi penyerahan petikan Keputusan Presiden pada pukul 15.50 WIB di Istana Merdeka.

Dalam pelantikan ini, Presiden Jokowi, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bersama Sri Sultan dan Paku Alam berjalan ke Istana Negara. Mereka diiringi dengan pasukan drum band pada bagian belakang. Prosesi ini diberi tajuk "Kirab Budaya".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement