Ahad 08 Oct 2017 08:16 WIB

Survei LSI, Bupati Tasikmalaya Cawagub Paling Potensial

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Endro Yuwanto
Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum dianggap menjadi calon wakil gubernur yang paling potensial pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. Menurut Direktur Eksekutif LSI Toto Izul Fatah, dari hasil survei, Uu dinilai akan mendongkrak suara siapa pun calon gubernur yang berpasangan dengannya.

Hal tersebut, diketahui berdasarkan survei yang dirilis di Bandung, Sabtu (7/10). Survei dengan margin of error 4,8 persen ini dilakukan pada 440 responden yang berasal dari seluruh wilayah Jawa Barat.

Toto mengatakan, dalam survei yang dilakukan ini, pihaknya melakukan berbagai simulasi calon wakil gubernur yang akan maju pada ajang tersebut. Pertama, dalam simulasi 19 calon yang di antaranya Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), Desy Ratnasari, dan Uu Ruzhanul Ulum maju sebagai calon wakil gubernur, Aa Gym berada di peringkat pertama dengan 14,9 persen, disusul Desy (12 persen), dan Uu (10,1 peraen).

Simulasi kedua, kata dia, jika Aa Gym tidak maju dan hanya tersisa 12 calon, Desy berada di posisi teratas dengan raihan 21,6 persen. Ketiga, jika Aa Gym dan Desy tidak menjadi calon wakil gubernur, Uu berada di peringkat teratas dengan meraih 20,6 persen pilihan responden.

Menurut Toto, Uu menjadi salah satu nama yang sering muncul sebagai calon wakil gubernur seperti Ahmad Syaikhu dan Mulyadi. Di antara ketiga nama itu, Uu menjadi calon wakil gubernur yang berpeluang besar diusung mengingat saat ini dirinya sebagai kader PPP yang memiliki suara cukup signifikan di Jawa Barat.

Uu pun, kata Toto, sudah intensif melakukan komunikasi politik sehingga peluangnya semakin besar. Adapun peluang Aa Gym dan Desy untuk maju sebagai calon wakil gubernur masih belum menguat. Selain itu, Uu pun memiliki kapabilitas yang baik sebagai calon wakil gubernur.

Toto menilai, Uu memiliki kompetensi dan moral bagus yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin. Uu memiliki kompetensi yang sudah teruji dengan berhasil menjadi Bupati Tasikmalaya dua periode.

Dari sisi moral, kata Toto, Uu berasal dari kalangan pesantren sehingga memiliki citra yang baik di mata pemilih Jawa Barat yang terkenal religius. Sebagai provinsi dengan basis pemilih Muslim, siapapun calon gubernur yang akan bertarung, wakilnya harus mencari yang punya basis Islam yang kuat. "Uu melejit karena Uu representasi kelompok Islam," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement