Kamis 14 Sep 2017 18:28 WIB

Perluasan Jalur Pedestrian di Sudirman Selesai Tahun Depan

 Petugas Dinas Kebersihan DKI mengecat bangku di sepanjang jalur pedestrian Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (4/3). (Republika/Tahta Aidilla)
Petugas Dinas Kebersihan DKI mengecat bangku di sepanjang jalur pedestrian Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (4/3). (Republika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat memperkirakan pekerjaan perluasan pedestrian di kawasan Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin rampung pada Juli 2018.

"Perluasan pedestrian di kawasan Sudirman-Thamrin itu akan dilebarkan secara variatif. Kami targetkan pengerjaannya sudah selesai pada Juli 2018," kata Djarot di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (14/9).

Sementara itu, menurut dia, peletakan batu pertama atau ground breaking yang menandai dimulainya pekerjaan perluasan pedestrian itu akan dilakukan pada akhir September atau awal Oktober 2017.

"Area pedestrian itu nantinya akan dilebarkan dengan lebar yang bervariasi, sekitar delapan sampai 15 meter. Ground breakingnya akan dilakukan akhir September atau awal Oktober tahun ini," ujar Djarot.

Lebih lanjut, mantan Wali Kota Blitar itu menuturkan di sepanjang pedestrian tersebut nantinya juga akan dilengkapi dengan satu lajur yang khusus untuk sepeda. Sehingga, sepeda akan memiliki lajur tersendiri.

"Selain lajur khusus sepeda, pembatas jalan antara jalur lambat dengan jalur cepat akan kami hilangkan, sehingga jalannya akan semakin lebar. Kami targetkan pedestrian itu sudah bisa digunakan saat Asian Games 2018," tutur Djarot.

Setelah pengerjaan pedestrian tersebut selesai, dia meminta agar akses kendaraan menuju gedung-gedung perkantoran yang berlokasi di kawasan Sudirman dan Thamrin tidak melalui pedestrian itu.

"Oleh karena itu, saya meminta supaga para pengelola gedung memiliki akses keluar dan masuk kendaraan melalui pintu belakang atau samping gedung. Jadi, jangan hanya lewat depan saja aksesnya," ujar Djarot.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement