Kamis 07 Sep 2017 16:21 WIB

Diterjang Longsor, Satu Rumah Warga di Sukabumi Rusak Berat

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
 Ilustrasi tanah longsor.
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Ilustrasi tanah longsor.

REPUBLIKA.CO.ID,  SUKABUMI -- Bencana tanah longsor menerjang satu unit rumah warga di Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi Rabu (6/9) sore. Dampaknya, rumah tersebut mengalami kerusakan cukup berat karena terbawa longsoran tanah.

Informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, longsor terjadi di Kampung Cisarua RT 05 RW 06 Desa Cipeuteuy, Kabandungan. Peristiwa itu dilaporkan terjadi sekitar pukul 17.15 WIB.

"Bencana terjadi ketika wilayah itu diguyur hujan deras dan angin kencang," terang Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Yana Rusyana kepada wartawan Kamis (9/7).

Dia mengatakan, satu rumah panggung warga milik Nanang mengalami longsor dan ambles terbawa hingga ke bawah tebing. Dalam peristiwa ini, Yana menyebut tidak ada warga yang menjadi korban. Namun ada satu orang warga yang mengalami luka-luka ringan dan telah mendapatkan penanganan medis.

Menurut Yana, rumah yang longsor mengalami rusak berat dan tidak bisa ditempati. Sehingga kata dia dampaknya penghuni rumah yang berjumlah sebanyak empat orang harus diungsikan ke tempat tetangga terdekat.

Yana mengatakan, kerugian akibat bencana ini ditaksir mencapai sekitar Rp 40 juta. Di mana selain bangunan warga yang rusak juga sejumlah perabotan rumah tangga di dalamnya ikut rusak.

BPBD akan memberikan bantuan kepada korban bencana tersebut. Hal ini untuk meringankan beban penderitaan korban bencana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement